OTOMOTIF

Hati-Hati, Pemilihan Ban untuk Honda EM1 E Motor Listrik Harus Teliti!

46
×

Hati-Hati, Pemilihan Ban untuk Honda EM1 E Motor Listrik Harus Teliti!

Sebarkan artikel ini
Awas, Ganti Ban Motor Listrik Honda EM1 E Tak Bisa Sembarangan!
Awas, Ganti Ban Motor Listrik Honda EM1 E Tak Bisa Sembarangan!

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada Kamis (12/21/2023), Honda secara resmi meluncurkan varian motor listrik terbarunya, EM1 e: dan EM1 e: Plus, untuk pasar Indonesia.

Kedua model ini diproduksi secara lokal di pabrik Honda di Pegangsaan, Jakarta Utara, menambah opsi ramah lingkungan di dunia kendaraan bermotor.

Salah satu keunikan yang diungkapkan oleh pihak Honda terkait EM1 e: adalah prosedur khusus dalam penggantian ban belakang.

Reza Rezdie, bagian Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), menjelaskan bahwa konsumen diharapkan untuk melakukan penggantian ban belakang di bengkel resmi.

Penggantian ban belakang ini ternyata tidak semudah mengganti ban motor konvensional.

Prosesnya cukup rumit, bahkan melibatkan pelepasan bagian bodi tengah untuk mengakses kabel-kabel yang terhubung dengan motor listrik.

Reza menekankan bahwa bengkel resmi, khususnya e:Shop, telah dilengkapi dengan teknisi yang memiliki keterampilan khusus dalam menangani motor listrik.

“Kalau mau ganti ban belakang itu disarankan datangnya ke bengkel yang ditunjuk e:Shop. Kenapa harus ke sana? Karena penggantian ban belakang itu harus melepas rodanya. Di situ ada kabel untuk daya, maka kabelnya harus dilepas,” ungkap Reza kepada Media90.

Prosedur tersebut memerlukan kehati-hatian ekstra, dan dengan bantuan teknisi yang berpengalaman, risiko kerusakan dapat diminimalkan.

Melalui bengkel resmi, konsumen dapat yakin bahwa proses pelepasan dan pemasangan ban belakang dilakukan dengan tepat dan aman.

Namun, Reza juga memberikan kepastian bahwa penggantian ban depan tidak memerlukan prosedur yang sama rumit. Ban depan dapat diganti di bengkel ban manapun, sebagaimana umumnya motor pada umumnya.

Secara spesifik, Honda EM1 e: dan EM1 e: Plus memiliki karakteristik kaki-kaki yang menarik.

Dengan pelek berukuran 12 inci di bagian depan dan 10 inci di bagian belakang, keduanya memberikan tampilan yang unik. Ban depan berukuran 90/90, sementara ban belakang memiliki ukuran 100/90.

Motor listrik ini didukung oleh tipe in-wheel brushless motor yang melekat di roda belakang, mampu menghasilkan tenaga sebesar 1,7 kW atau setara dengan 2,2 hp.

Dengan torsi mencapai 90 Nm, Honda EM1 e: dan EM1 e: Plus menawarkan performa yang tangguh dan ramah lingkungan.