OTOMOTIFTIPS

Rahasia Sukses Merawat Mobil di Musim Hujan: Praktis dan Efektif!

35
×

Rahasia Sukses Merawat Mobil di Musim Hujan: Praktis dan Efektif!

Sebarkan artikel ini
Cara Merawat Mobil Saat Musim Hujan, Mudah Banget!
Cara Merawat Mobil Saat Musim Hujan, Mudah Banget!

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Cara merawat mobil pada saat musim hujan sangat penting untuk diperhatikan oleh para konsumen.

Keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara menjadi alasan utama mengapa perawatan ini tidak boleh diabaikan.

Setiap tahun, masyarakat Indonesia menghadapi musim hujan yang melanda hampir semua daerah.

Hujan deras seringkali memerlukan penanganan khusus, termasuk perawatan pada kendaraan.

Oleh karena itu, Media90 membawa Anda untuk melihat beberapa tips mudah merawat mobil saat musim hujan, yang tidak hanya melibatkan bagian eksterior mobil, tetapi juga bagian interiornya.

Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan

  1. Rutin Mencuci Bodi dan Kaca Mobil Air hujan yang membasahi bodi dan kaca dapat meninggalkan watermark jika dibiarkan mengering dengan sendirinya. Mencuci atau membilas mobil setelah hujan, menggunakan sabun untuk membersihkan kotoran, dan mengeringkannya adalah langkah penting.
  2. Bersihkan Kaki-kaki dan Kolong Mobil Membersihkan bagian kaki-kaki dan kolong mobil secara rutin dapat mencegah munculnya karat pada komponen di bagian bawah dan menjaga performa kendaraan, termasuk sistem pengereman.
  3. Periksa dan Ganti Wiper yang Getas Wiper yang sudah getas dapat mengurangi efektivitas dalam menyapu air di kaca. Periksa kondisi fisik wiper dan ganti jika perlu. Wiper yang baik membantu mempertahankan visibilitas selama hujan.
  4. Perhatikan Kondisi Ban Pemeriksaan tekanan angin dan kondisi tread ban penting untuk menjaga grip antara ban dan permukaan jalan. Pastikan tekanan ban sesuai rekomendasi pabrikan untuk mengoptimalkan performa dan keselamatan.
  5. Periksa Kondisi Lampu-lampu Mobil Lampu-lampu mobil yang baik sangat penting saat hujan lebat untuk mempertahankan visibilitas. Periksa cahaya lampu, termasuk bohlam dan mika, dan pastikan penggunaan lampu yang benar.
  6. Cek Fungsi Defogger Pastikan fungsi defogger berfungsi dengan baik. Defogger membantu mencegah embun pada kaca mobil, memastikan visibilitas yang baik saat kondisi hujan.
  7. Keringkan Kampas Rem Sebelum Parkir dengan Rem Tangan Sebelum parkir dalam waktu lama, pastikan kampas rem agak kering untuk menghindari lengket. Berkendara sejenak setelah mencuci mobil dapat membantu mengeringkan kampas rem.

Pertanyaan Umum tentang Perawatan Mobil

Bagaimana Merawat Mobil yang Tidak Pernah Dipakai?

  • Menyalakan mesin secara rutin setidaknya seminggu sekali.
  • Mencabut aki agar listrik tidak tekor.
  • Memeriksa tekanan angin ban secara berkala.

Berapa Kali Mencuci Mobil dalam Seminggu?

  • Tidak ada patokan pasti, tergantung pada kondisi mobil.
  • Disarankan mencuci mobil secara rutin untuk menjaga kebersihan dan kondisi bodi.

Dengan mempraktikkan tips-tips ini, Anda dapat menjaga mobil Anda tetap dalam kondisi optimal selama musim hujan, menjadikan perjalanan Anda lebih aman dan nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *