OTOMOTIF

Direktorat Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri Siapkan Inovasi BPKB Elektronik untuk Tahun 2024

181
×

Direktorat Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri Siapkan Inovasi BPKB Elektronik untuk Tahun 2024

Sebarkan artikel ini
BPKB Elektronik Dalam Pengembangan, Diharapkan Rilis 2024
BPKB Elektronik Dalam Pengembangan, Diharapkan Rilis 2024

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Direktorat Registrasi dan Identifikasi (Ditregident) Korlantas Polri tengah menggagas sebuah inovasi besar dalam dunia kendaraan bermotor dengan merancang Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) elektronik.

Penerapannya diharapkan bisa diwujudkan mulai tahun 2024, sebagai langkah menuju masa depan yang lebih canggih dan terintegrasi.

Dalam pernyataannya yang Media90 peroleh dari situs web NTMC Polri, Brigjen Pol. Yusri Yunus, Dirregident Korlantas Polri, menjelaskan bahwa persiapan untuk mengimplementasikan BPKB elektronik ini sudah mencapai tahap yang signifikan.

Ia menyatakan, “Mudah-mudahan tahun depan sudah bisa kita laksanakan. Kemarin sudah kita uji coba di beberapa tempat yang ada perbaikan, karena ini menyangkut dengan digital berkesinambungan.”

Salah satu fitur utama dari BPKB elektronik ini adalah kemampuannya untuk terintegrasi dengan single data Korlantas Polri.

Konsep ini mirip dengan paspor elektronik, dimana BPKB akan dilengkapi dengan teknologi chip yang akan menyimpan sejumlah data penting, termasuk sejarah kepemilikan kendaraan tersebut.

Data-data ini akan terhubung dengan sistem single data yang bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus dokumen-dokumen kendaraan mereka.

Penggunaan sistem single data ini juga akan memberikan manfaat signifikan bagi para pemangku kepentingan lainnya, termasuk perusahaan perbankan, pembiayaan, atau pegadaian yang akan memudahkan dalam proses verifikasi kepemilikan kendaraan.

Selain itu, Ditregident Korlantas Polri baru-baru ini mengadakan rapat Anev Pelayanan BPKB bersama jajaran Polda di seluruh Indonesia pada tanggal 12 September 2023.

Dalam rapat ini, Brigjen Pol. Yusri menegaskan, “Kita melaksanakan rapat Anev Analisis dan Evaluasi bidang BPKB se-Indonesia diikuti 102 anggota jajaran Polda. Sesuai dengan perintah kapolri bagaimana kita melayani masyarakat dengan pelayanan cepat, mudah dengan kemajuan teknologi dan informasi di era 4.0 ini kita samakan persepsi pada rapat anev ini untuk satu tujuan dan tindakan yang sama.”

Penggunaan BPKB elektronik juga diharapkan dapat membantu menekan tindakan melanggar hukum yang dilakukan oleh para oknum, seperti pemalsuan BPKB kendaraan yang belum lunas kreditnya untuk dijual kembali.

Inovasi ini diharapkan akan membawa perubahan positif dalam dunia otomotif di Indonesia, memastikan transparansi dan akurasi dalam kepemilikan kendaraan bermotor.

Dengan semangat inovasi yang kuat dan rencana implementasi yang matang, Direktorat Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri bertekad untuk membawa Indonesia menuju era modern dalam manajemen dokumen kendaraan bermotor.

Semua ini untuk mewujudkan pelayanan yang lebih baik dan efisien kepada masyarakat serta meminimalisir tindakan melanggar hukum yang merugikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *