OTOMOTIF

Demand Tinggi! Honda Civic Type R Terjual Habis, Pemesanan Ditutup Sementara

101
×

Demand Tinggi! Honda Civic Type R Terjual Habis, Pemesanan Ditutup Sementara

Sebarkan artikel ini
Demand Tinggi! Honda Civic Type R Terjual Habis, Pemesanan Ditutup Sementara
Demand Tinggi! Honda Civic Type R Terjual Habis, Pemesanan Ditutup Sementara

Media90 – Pasar otomotif Indonesia dilanda kehebohan ketika Honda Civic Type R generasi keenam, yang dijual dengan harga hampir Rp 1,4 miliar, berhasil terjual habis. Bagi para penggemar mobil sport ini, kabar buruk datang saat pemesanan Civic Type R ditutup sementara.

Namun, jangan khawatir, penutupan sementara pemesanan ini bukan karena adanya masalah. Sebenarnya, semua unit yang dialokasikan untuk dijual tahun ini telah terjual habis sebelumnya.

Billy Yusak, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), mengungkapkan, “Honda Civic Type R telah mendapat pemesanan melebihi alokasi 100 unit, bahkan mencapai 114 unit. Oleh karena itu, kami terpaksa menutup sementara pemesanan untuk nomor rangka 2023.” Pernyataan ini disampaikannya dalam acara Honda TrackFEST di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok.

Dengan harga Rp1,399 miliar (OTR Jakarta Mei 2023), Civic Type R FL5 menarik perhatian banyak orang di Indonesia. Antusiasme terhadap sedan sport ini, yang menjadi line up Honda paling sporty dan termahal, bisa dikatakan luar biasa.

Namun, apakah ini berarti Honda akan menghentikan penjualan Civic Type R di Indonesia? Tidak sama sekali. Pemesanan untuk sedan sport bertenaga 315 HP dengan torsi 420 Nm ini akan segera dibuka kembali, namun kali ini untuk nomor rangka 2024.

“Peminat Civic Type R FL5 sangat banyak, oleh karena itu pemesanan akan dibuka kembali pada bulan Juli 2023 untuk nomor rangka 2024,” tambah Billy.

Bagi para penggemar mobil sport dan para pemburu adrenalin, berita ini memberikan harapan bahwa mereka masih memiliki kesempatan untuk memiliki Honda Civic Type R yang mengagumkan ini. Meskipun pemesanan ditutup sementara, peluncuran kembali dengan nomor rangka 2024 memberikan peluang bagi para pecinta mobil untuk memiliki kendaraan yang dikagumi ini.

Jadi, jika Anda termasuk dalam orang yang tertarik dengan Honda Civic Type R, tetaplah bersemangat dan siapkan diri Anda untuk membuka pemesanan saat ini ditutup sementara, karena kesempatan itu akan datang kembali di bulan Juli nanti.

Spesifikasi Honda Civic Type R (FL5)

Spesifikasi Honda Civic Type R (FL5)
Spesifikasi Honda Civic Type R (FL5)

Honda Civic Type R generasi keenam (FL5) merupakan varian yang didasarkan pada Honda Civic standar generasi ke-11, namun menggunakan basis Hatchback daripada Sedan seperti yang dijual di Indonesia.

FL5 memiliki dimensi yang sedikit berbeda dari Civic Type R generasi sebelumnya (FK8). Mobil ini lebih lebar 12 mm, lebih rendah 19 mm, dan memiliki wheelbase yang lebih panjang 35 mm.

Perubahan desain pada Civic Type R FL5 membuatnya terlihat lebih dewasa dan matang dibandingkan dengan pendahulunya. Penyumbang utama dari perubahan ini adalah penggunaan kap mesin yang terbuat dari aluminium yang lebih ringan 43% dibandingkan sebelumnya. Selain itu, pelek forged 19 inci dengan desain rim stepless menggantikan pelek 20 inci, dan ban Michelin Pilot Sport 4S 265/30 R19 dikembangkan khusus untuk mobil ini.

Bagian belakang mobil juga mengalami beberapa perubahan. Pintu bagasi menggunakan bahan resin yang lebih ringan 20%, dan terdapat spoiler dengan support die cast aluminium.

Interior Civic Type R FL5 memiliki tampilan yang lebih sporty dibandingkan dengan Civic Hatchback standar. Setir berlapis bahan suede dengan emblem merah khas Type R, konsol tengah dan shift knob berbahan aluminium, serta jok depan bucket seat berbahan suede sintetik warna merah dengan support tebal, semuanya menambah kesan sporty pada mobil ini.

Namun, yang paling menarik adalah mesin yang ada di bawah kap mesin. Civic Type R FL5 masih menggunakan mesin K20C dengan kapasitas 1.996 cc, tetapi tenaganya telah ditingkatkan sebesar 9 HP menjadi 315 HP (319 PS) dan torsi naik sebesar 20 Nm menjadi 420 Nm.

Pengembangan mesin juga dilakukan dengan melakukan beberapa perubahan. Turbonya mengalami optimasi dengan pengurangan jumlah blade dan penyesuaian bentuk serta diameter untuk mengurangi inersia. Sistem exhaust straight ditingkatkan untuk meningkatkan aliran udara keluar hingga 13%, sehingga mesin dapat bekerja lebih efisien. Sistem radiator ditingkatkan, intake udara yang lebih besar, dan kontrol mesin direvisi dengan penyesuaian pada sistem VTC. Transmisi manual 6-percepatan juga mengalami beberapa revisi, termasuk flywheel yang lebih ringan 18% dan inersia yang berkurang 25%, serta sistem rev matching dengan auto blip yang diperbarui.

Dengan semua perubahan ini, Civic Type R FL5 diklaim mampu mencapai kecepatan 0-100 km/jam dalam waktu hanya 5,4 detik.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang spesifikasi dan detail lainnya dari Honda Civic Type R FL5 ini, Anda dapat menyaksikan ulasan 10 hal mengenai mobil ini di saluran YouTube Carmudi.

Honda Civic Type R FL5 menghadirkan kombinasi yang menarik antara desain yang matang dan performa yang mengesankan. Dengan semua peningkatan dan perubahan yang dilakukan, tidak mengherankan jika antusiasme para penggemar mobil sport terhadap model ini sangat tinggi.

Data Spesifikasi Honda Civic Type R (FL5) Indonesia:

Data Spesifikasi Honda Civic Type R (FL5) Indonesia
Data Spesifikasi Honda Civic Type R (FL5) Indonesia

Honda Civic Type R FL5 hadir dengan mesin K20C1 yang sangat bertenaga. Mesin ini menggunakan teknologi DOHC, VTEC Turbo, Gasoline Direct Injection, dan Single Scroll Turbocharger untuk memberikan performa yang optimal. Dengan kapasitas mesin 1.996 cc, Civic Type R FL5 mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 315 HP (319 PS) pada 6.500 RPM dan torsi maksimum sebesar 420 Nm pada rentang putaran 2600-4.000 RPM.

Mesin Civic Type R FL5 ditempatkan di bagian depan dengan penggerak roda depan. Transmisi yang digunakan adalah manual 6-percepatan dengan fitur Rev Match yang memungkinkan perpindahan gigi yang mulus dan presisi.

Mobil ini dilengkapi dengan tangki bahan bakar berkapasitas 47 liter dan direkomendasikan menggunakan bensin dengan oktan minimal RON 95.

Dalam hal dimensi, Civic Type R FL5 memiliki panjang 4.594 mm, lebar 1.890 mm, dan tinggi 1.401 mm. Wheelbase-nya mencapai 2.734 mm, memberikan stabilitas dan kenyamanan dalam berkendara.

Sistem kemudi yang digunakan adalah Electric Power Steering, yang memberikan responsifitas dan kestabilan saat mengemudi. Radius putar mobil ini sebesar 6,2 meter, memudahkan manuver di area yang sempit.

Suspensi depan menggunakan sistem Dual Axis, sementara suspensi belakang menggunakan sistem Multi-link, memberikan keseimbangan antara kenyamanan dan performa. Ground clearance-nya mencapai 121 mm, memberikan kelincahan dalam melibas jalanan.

Civic Type R FL5 dilengkapi dengan ban Michelin Pilot Sport 4S berukuran 265/30 R19, yang memberikan traksi optimal dan performa berkendara yang maksimal.

Sistem pengereman Civic Type R FL5 juga tidak kalah canggih. Rem depan menggunakan cakram ventilasi (2-piece) berdiameter 350 mm dari Brembo dengan kaliper aluminium yang dilengkapi dengan 3-piston. Sementara itu, rem belakang menggunakan cakram ventilasi berdiameter 305 mm dengan kaliper 1-piston juga dari Brembo. Sistem rem ini didukung oleh fitur-fitur seperti ABS, EBD, VDC, dan HSA untuk memberikan pengendalian dan keamanan yang optimal.

Dengan spesifikasi yang mengesankan ini, Honda Civic Type R FL5 menjadi pilihan yang menarik bagi para penggemar mobil sport yang menginginkan kombinasi antara performa yang tinggi dan kenyamanan berkendara yang baik.