OTOMOTIF

Chery Tiggo 5X: Perjalanan ke Semarang dan Konsumsi BBM yang Dibahas

100
×

Chery Tiggo 5X: Perjalanan ke Semarang dan Konsumsi BBM yang Dibahas

Sebarkan artikel ini
Sebegini Konsumsi BBM Chery Tiggo 5X Dipakai Ke Semarang
Sebegini Konsumsi BBM Chery Tiggo 5X Dipakai Ke Semarang

Media90 – Media90 baru-baru ini menguji konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) Chery Tiggo 5X dalam perjalanan dari Jakarta menuju Semarang, Jawa Tengah.

Perjalanan ini dilakukan atas undangan dari PT Chery Sales Indonesia (CSI) untuk mengevaluasi performa Tiggo 5X dari Jakarta ke Surabaya, Jawa Timur.

Dalam pengujian ini, Media90 menggunakan unit Chery Tiggo 5X varian tertinggi, yaitu Champion. Mobil hanya diisi oleh dua penumpang dan dua koper di bagasi belakang.

Perjalanan dimulai dari Jakarta pada Senin (27/5/2024) dan berlanjut ke Semarang, kemudian keesokan harinya menuju Surabaya.

Jarak perjalanan dari Jakarta ke Semarang adalah 444 km, dihitung dari titik berangkat di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan.

Namun, Media90 mengalami sedikit kesalahan teknis saat lupa mereset trip meter pada MID dan baru berhasil meresetnya di rest area KM166A.

Berdasarkan trip meter yang telah direset, perjalanan dari KM166A ke Semarang mencakup jarak 267 km.

Selama perjalanan, rata-rata kecepatan kendaraan adalah 100 km/jam dengan kondisi lalu lintas yang bervariasi antara padat dan lengang.

Pengujian dilakukan tanpa mencoba mengirit BBM secara ekstrem, namun tetap mencerminkan penggunaan normal sehari-hari. Bahkan, beberapa kali akselerasi diperlukan untuk menyalip kendaraan di depan.

Menurut data yang dihasilkan dari multi information display (MID), angka konsumsi BBM Chery Tiggo 5X rata-rata adalah 1:12 km/liter.

Ketika perjalanan dimulai, indikator BBM menunjukkan level penuh, dan ketika tiba di Semarang, indikator turun menjadi 3 bar.

Meskipun performa mesin Chery Tiggo 5X yang memiliki kapasitas 1.498 cc, 4 silinder dengan tenaga 113 hp dan torsi maksimum 138 Nm terbilang baik, angka konsumsi BBM yang didapatkan tergolong standar.

Mesin mampu memberikan performa yang memadai, dan pengemudi berpendapat bahwa mobil ini mungkin dapat mencapai angka konsumsi BBM yang lebih baik jika dioperasikan pada kecepatan konstan.

Dengan demikian, meskipun Chery Tiggo 5X tidak menunjukkan tingkat ketidakiritan yang signifikan, mobil ini tetap memberikan performa yang memuaskan dan cukup efisien dalam penggunaan BBM dalam perjalanan dari Jakarta ke Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *