BERITA

Yayasan AHM Galang Semangat Keselamatan Berkendara Melalui Kompetisi Short Movie Contest 2024

84
×

Yayasan AHM Galang Semangat Keselamatan Berkendara Melalui Kompetisi Short Movie Contest 2024

Sebarkan artikel ini
Yayasan AHM Jaring Film Pendek Karya Pelajar Tentang Keselamatan Berkendara
Yayasan AHM Jaring Film Pendek Karya Pelajar Tentang Keselamatan Berkendara

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Yayasan Astra Honda Motor (AHM) terus mengupayakan keselamatan berkendara, khususnya di kalangan generasi muda, melalui rangkaian kegiatan kompetisi Short Movie Contest (SMC).

Dalam kegiatan bertajuk “Ngalam ora Ngalem, #Cari_aman Sam,” para peserta tidak hanya diajak untuk berkompetisi dalam pembuatan video kreatif, tetapi juga mendapatkan edukasi seputar keselamatan berkendara.

SMC 2024, yang bekerjasama dengan Universitas Brawijaya, Malang, resmi dibuka oleh Wakil Rektor III Setiawan Noerdajasakti dan Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin pada hari Kamis (23/11/2023).

Kegiatan ini diawali dengan penyampaian edukasi keselamatan berkendara oleh duta Safety Riding Lab Astra Honda dari SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen Malang.

Para peserta SMC tidak hanya mendapatkan teori, tetapi juga kesempatan untuk mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam praktek menggunakan Honda Riding Trainer (HRT).

Alat peraga keselamatan berkendara ini memungkinkan peserta untuk melatih kewaspadaan dan mengasah kemampuan analisis resiko bahaya dalam berkendara melalui 120 simulasi situasi bahaya.

Pembukaan SMC tidak hanya menghadirkan kegiatan edukasi, tetapi juga sebuah talkshow keselamatan berkendara yang dihadiri oleh Instruktur Safety Riding Honda, Kasubnit 1 Kamsel Polresta Malang Kota Ipda Syaiful Husen, dan Puteri Indonesia Jawa Timur Berbakat 2023, Gloria Vicentia Riyadi.

Sebelum memasuki fase kompetisi pembuatan video, para peserta diberikan edukasi cara membuat video singkat yang unik, kreatif, dan informatif oleh Visual Story Teller dan Animation Movie Director Hizkia Subyantoro.

SMC menantang para konten kreator muda untuk membuat video kreatif berdurasi satu hingga tiga menit, serta berkompetisi dalam kategori video pendek di platform media sosial TikTok.

Peserta dapat mengikuti lomba ini menggunakan ponsel pintar, dan berbagai kategori tersedia untuk pelajar, mahasiswa, dan umum selama periode November 2023 hingga April 2024.

Seluruh informasi terkait SMC, termasuk rangkaian lomba dan kelas inspirasi, dapat diakses melalui akun media sosial @yayasanahm dan kanal YouTube Sahabat Satu Hati.

Total hadiah puluhan juta rupiah disiapkan untuk para pemenang.

Ketua Yayasan AHM, Ahmad Muhibbuddin, menyatakan harapannya bahwa SMC dapat membangun kesadaran akan pentingnya keselamatan berkendara, terutama di kalangan generasi muda Indonesia.

Dia menekankan peran besar generasi penerus bangsa dalam menyuarakan pesan keselamatan berkendara melalui komunikasi yang ringan dan mudah dipahami.

Tahun 2023 ini, Universitas Brawijaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan SMC, sejalan dengan program green campus yang dicanangkan universitas.

Yayasan AHM juga bekerja sama dengan 30 agen Safety Riding Universitas Brawijaya sebagai pelopor keselamatan berkendara di lingkungan kampus.

Selain SMC, Yayasan AHM terus mengembangkan program-program untuk mendukung keselamatan dan kenyamanan berkendara di Indonesia.

Pada September 2023, Safety Riding Lab di SMKN 1 Bulakamba, Brebes, Jawa Tengah, telah dikembangkan, sementara pada tahun 2022, Yayasan AHM meresmikan program Wisata Edukasi Satu Hati di Safety Riding Lab Astra Honda.

Program ini dijalankan di berbagai lab binaan, termasuk di SMK Mitra Industri MM2100 Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, dan SMK Walisongo Menes, Banten.

Sejak tahun 2017, Yayasan AHM telah membangun Safety Riding Lab di berbagai daerah, termasuk SMK PABA Binjai, Sumatera Utara, SMK Muhammadiyah Kepanjen, Malang, Jawa Timur, dan SMA Negeri Bali Mandara.

Dengan berbagai inisiatif ini, Yayasan AHM terus berkomitmen untuk menciptakan lingkungan berkendara yang aman dan nyaman bagi masyarakat Indonesia.