BERITA

Upaya Pemprov Lampung Meningkatkan Kesadaran Hukum: Penyuluhan Terpadu bagi ASN dan Aparat Tiyuh Pemkab Tulangbawang Barat

37
×

Upaya Pemprov Lampung Meningkatkan Kesadaran Hukum: Penyuluhan Terpadu bagi ASN dan Aparat Tiyuh Pemkab Tulangbawang Barat

Sebarkan artikel ini
Pemprov Lampung Beri Penyuluhan Hukum Terpadu ke ASN dan Aparat Tiyuh Pemkab Tulangbawang Barat
Pemprov Lampung Beri Penyuluhan Hukum Terpadu ke ASN dan Aparat Tiyuh Pemkab Tulangbawang Barat

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada Selasa (14/11/2023), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung melalui Biro Hukum Lampung menggelar kegiatan penyuluhan hukum terpadu di Sesat Agung Bumi Gayo, Komplek Islamic Center Tulangbawang Barat.

Acara tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman hukum di kalangan aparatur Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang Barat dengan tema “Mewujudkan Masyarakat Pedesaan yang Cerdas Hukum Menuju Lampung Berjaya.”

Peserta kegiatan berasal dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk unsur aparatur sipil negara (ASN), aparatur pemerintahan tiyuh atau desa, dan para pelajar.

Pj Bupati Tulangbawang Barat, M. Firsada, menyampaikan apresiasinya terhadap sinergi semua pihak yang turut mendukung kelancaran dan kesuksesan acara tersebut.

“Terimakasih khususnya atas perhatian yang diberikan Pemprov Lampung, dalam upaya bersama meningkatkan kualitas pemahaman mengenai ketentuan-ketentuan hukum yang berlaku saat ini,” ungkap M. Firsada.

Beliau menyoroti beberapa permasalahan serius yang dihadapi masyarakat, seperti narkotika, pernikahan dini, pertanahan, dan masalah hukum lainnya.

Dalam konteks ini, kegiatan penyuluhan hukum terpadu dianggap sebagai langkah strategis untuk mencegah potensi pelanggaran hukum baik secara pidana maupun perdata.

“Kami sangat mendukung dengan diselenggarakannya kegiatan penyuluhan hukum terpadu ini, tentunya sebagai salah satu upaya bersama dalam melakukan pencegahan potensi pelanggaran hukum,” ujar M. Firsada.

Pj Bupati juga menekankan pentingnya keterkaitan antara masyarakat dan hukum, di mana keduanya harus berdampingan untuk menciptakan lingkungan yang kondusif.

Dia juga memberikan arahan kepada seluruh ASN yang berada di lingkup pemerintahannya, mengingatkan agar memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, menghindari pelanggaran hukum, dan menjaga nama baik Tulangbawang Barat.

Dengan acara ini, diharapkan dapat terwujud masyarakat pedesaan yang cerdas hukum, yang memiliki pemahaman yang baik terkait dengan berbagai aspek hukum yang berlaku di tengah-tengah mereka.