BERITA

Ditjen Perhubungan Darat Salurkan Bantuan PJU Tenaga Surya untuk Penerangan Jalan di Tulangbawang Barat

54
×

Ditjen Perhubungan Darat Salurkan Bantuan PJU Tenaga Surya untuk Penerangan Jalan di Tulangbawang Barat

Sebarkan artikel ini
Akhir November 2023, Jalan Tiyuh Panaragan - Penumangan Tulangbawang Barat Dipasang Lampu Bertenaga Surya
Akhir November 2023, Jalan Tiyuh Panaragan - Penumangan Tulangbawang Barat Dipasang Lampu Bertenaga Surya

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada akhir November 2023, Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI bekerja sama dengan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Lampung memberikan sumbangan berupa penerangan jalan umum (PJU) berteknologi surya kepada Tulangbawang Barat.

Bantuan tersebut akan dipasang pada 25 titik lampu yang tersebar di beberapa lokasi strategis.

Langkah ini diambil sebagai tanggapan terhadap usulan yang diajukan sebelumnya oleh Dinas Perhubungan Tulangbawang Barat kepada BPTD Kelas II Wilayah Lampung.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Tulangbawang Barat, A. Zulkifly, 25 titik penerangan ini akan terfokus pada ruas jalan provinsi yang menghubungkan Tiyuh Panaragan hingga Tiyuh Penumangan, khususnya menuju pintu Tol Panaragan.

“Ruas jalan ini melintasi beberapa lokasi penting, termasuk Patung Empat Marga, komplek kantor pemerintahan, dan Kantor DPRD Tulangbawang Barat, yang merupakan ikon pariwisata daerah ini,” ungkap A. Zulkifly.

Dengan adanya bantuan PJU berbasis energi surya ini, diharapkan dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan bagi para pengguna jalan yang melintasi area tersebut pada malam hari.

“Dengan rencana pemasangan dan pengoperasian PJU tenaga surya pada minggu terakhir November 2023, kita berharap dapat memberikan dampak positif bagi seluruh masyarakat,” tambahnya.

Penggunaan teknologi surya dalam penerangan jalan umum tidak hanya efisien secara energi, tetapi juga berkontribusi pada pelestarian lingkungan.

Inisiatif ini menunjukkan komitmen Ditjen Perhubungan Darat untuk mendukung pembangunan berkelanjutan dan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.