BERITA

Universitas Teknokrat Indonesia Menjadi Tuan Rumah Pembukaan PEKSIMIDA 2024 di Lampung

31
×

Universitas Teknokrat Indonesia Menjadi Tuan Rumah Pembukaan PEKSIMIDA 2024 di Lampung

Sebarkan artikel ini
Universitas Teknokrat Indonesia Tuan Rumah Pembukaan PEKSIMIDA 2024 Lampung
Universitas Teknokrat Indonesia Tuan Rumah Pembukaan PEKSIMIDA 2024 Lampung

Media90 – Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) menjadi tuan rumah pembukaan dan lomba tari tradisional dalam ajang Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) se-Provinsi Lampung Tahun 2024.

Acara ini berlangsung di Gelanggang Mahasiswa Dr. HM Nasrullah Yusuf, Kampus UTI, pada Selasa (25/6/2024).

Peksimida, yang diadakan setiap dua tahun sekali, kali ini diikuti oleh 12 kampus dari seluruh Provinsi Lampung.

Kampus-kampus yang berpartisipasi termasuk Universitas Teknokrat Indonesia, Universitas Saburai, Universitas Muhammadiyah Metro, Universitas Muhammadiyah Kotabumi, Universitas Malahayati, Universitas Lampung, UIN Raden Intan, Universitas Bandar Lampung, Politeknik Negeri Lampung, Institut Teknologi Sumatera, IIB Darmajaya, dan Akper Darmawacana Metro.

Acara ini dibuka oleh Ketua Badan Pembinaan Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) Lampung, Dr. Anna Gustiana, S.Sos., M.Si., yang didampingi oleh Wakil Rektor Universitas Teknokrat Indonesia, Dr. Mahathir Muhammad, SE., MM., serta Wakil Rektor III dari beberapa perguruan tinggi lainnya.

Baca Juga:  Kakak Adik Asal Pringsewu Berjaya di Jabar Open 2023, Akan Wakili Lampung di PON 2024!

Dalam sambutannya, Dr. Anna menyatakan bahwa Peksimida merupakan ajang penting sebagai persiapan bagi mahasiswa yang akan berlaga di Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) yang akan berlangsung di Jakarta Bulan September nanti.

“Kita mencari unggul dari yang unggul untuk mewakili Provinsi Lampung di kancah nasional,” kata Dr. Anna.

Dr. Anna menargetkan agar seluruh mahasiswa yang akan mewakili Provinsi Lampung dapat meraih kemenangan dan mengharumkan nama kampus mereka di tingkat nasional.

“Kategori tari tradisional menjadi unggulan yang akan kita dorong untuk meraih juara, karena minat terhadap tari tradisional di Provinsi Lampung terus meningkat,” ujarnya.

Selain lomba tari tradisional, Dr. Anna menyebutkan bahwa ada sekitar 15 kategori lomba lainnya yang akan dipertandingkan dalam Peksimida 2024, termasuk penulisan cerpen, puisi, monolog, menyanyi, vokal grup, seriosa, desain poster, komik, fotografi, dan lukis.

Baca Juga:  Rahasia Lulus Uji Kompetensi Ketenagalistrikan: Tips Berharga dari Mahasiswa Teknik Elektro Teknokrat Indonesia

Sementara itu, Dr. Mahathir Muhammad, Wakil Rektor Universitas Teknokrat Indonesia, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kepercayaan yang diberikan kepada kampusnya sebagai tempat penyelenggaraan pembukaan Peksimida dan lomba tari tradisional.

“Jika kampus bisa mendukung mahasiswanya dalam persiapan lomba, hasilnya akan lebih baik. Lomba kesenian ini sangat penting, tidak hanya untuk dunia kerja tetapi juga untuk pergaulan sosial,” kata Dr. Mahathir.

Dr. Mahathir juga menekankan komitmen Universitas Teknokrat Indonesia untuk terus mendorong prestasi mahasiswa, baik di bidang akademik maupun non-akademik seperti lomba tari.

“Dalam perlombaan tari, Universitas Teknokrat Indonesia selalu aktif di tingkat nasional. Tahun sebelumnya, UKM Seni Tari Teknokrat Indonesia menjadi juara, dan InsyaAllah tahun ini kita bisa meraih juara tingkat nasional lagi,” tambahnya.

Baca Juga:  Partisipasi Ketua Dekranasda Lampung, Riana Sari dalam Pameran Kriyanusa 2023 di JCC Jakarta

Peksimida 2024 akan difokuskan di dua kota, yaitu Bandar Lampung dan Metro. Pembukaan acara ini ditandai dengan pemukulan cetik, alat musik tradisional Provinsi Lampung, yang menambah kesan meriah pada acara tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *