BERITA

Universitas Malahayati Kolaborasi dengan AIPTKMI, IAKMI, Pemerintah, dan Rumah Sakit di Lampung untuk Meningkatkan Mutu Prodi Kesmas

195
×

Universitas Malahayati Kolaborasi dengan AIPTKMI, IAKMI, Pemerintah, dan Rumah Sakit di Lampung untuk Meningkatkan Mutu Prodi Kesmas

Sebarkan artikel ini
Tingkatkan Mutu Prodi Kesmas, Universitas Malahayati Gandeng AIPTKMI, IAKMI, Pemerintah, dan Rumah Sakit di Lampung
Tingkatkan Mutu Prodi Kesmas, Universitas Malahayati Gandeng AIPTKMI, IAKMI, Pemerintah, dan Rumah Sakit di Lampung

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Universitas Malahayati Bandar Lampung telah meraih tonggak bersejarah dengan menginisiasi kolaborasi berharga bersama Asosiasi Institusi Perguruan Tinggi Kesehatan Masyarakat Indonesia (AIPTKMI) dan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) untuk meningkatkan mutu Program Studi (Prodi) S1 Kesehatan Masyarakat (Kesmas).

Kegiatan kolaboratif tersebut, yang berlangsung pada tanggal 14-15 Agustus 2023, turut melibatkan sejumlah pihak penting, termasuk stakeholder dari lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung, alumni, dan juga para civitas akademika Universitas Malahayati.

Hari pertama acara menjadi wadah bagi narasumber terkemuka dari AIPTKMI dan IAKMI untuk berbagi pandangan dan diskusi seputar penyusunan visi, misi, serta tujuan strategis yang terarah untuk program studi.

Bahasan juga berfokus pada penggalian metode penyusunan kurikulum Kesmas yang mampu terintegrasi dengan semangat program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM), sambil mengambil inspirasi dari visi dan misi yang telah disepakati.

Sementara pada hari kedua, keterlibatan para stakeholder menjadi sorotan utama, diantaranya Dinas Kesehatan Lampung, Dinas Kesehatan Bandar Lampung, BKKBN Lampung, serta para Kepala Puskesmas di wilayah Bandar Lampung, Pesawaran, dan Lampung Selatan.

Acara ini juga berhasil menghadirkan organisasi profesi Kesmas seperti IAKMI Provinsi Lampung, PAKKI, PPPKMI, dan PAEI, serta rekanan penting dalam menjalankan tri darma perguruan tinggi, seperti Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin, Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) Lampung, Rumah Sakit Ahmad Yani, Lapas Perempuan Bandar Lampung, dan PKBI.

Momentum bersejarah ini juga menjadi ajang penting bagi Prodi S1 Kesehatan Masyarakat untuk memperkenalkan kurikulum Kesmas MBKM tahun 2023, sekaligus melakukan penandatanganan atau perpanjangan perjanjian kerjasama dengan mitra-mitra yang turut terlibat.

Nurhalina Sari, M.K.M selaku Kaprodi Sarjana Kesehatan Masyarakat, mengungkapkan harapannya terhadap dampak positif yang dihasilkan oleh kegiatan ini.

Ia berharap bahwa langkah konkret ini akan membantu Prodi S1 Kesmas dalam meningkatkan kualitas lulusannya, khususnya di wilayah Lampung.

“Keberadaan para narasumber serta stakeholder terkait diharapkan mampu memberikan kontribusi berharga dalam pengembangan Prodi S1 Kesmas ke depannya,” ujar Nurhalina Sari.

Dengan semangat kolaborasi ini, Universitas Malahayati berkomitmen untuk terus mengukir prestasi demi meningkatkan mutu pendidikan di bidang kesehatan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *