BERITA

Unila Raih Posisi Ke-12 dalam Ranking Perguruan Tinggi Berkelanjutan Terbaik di Indonesia Menurut UI Greenmetric Tahun 2023

205
×

Unila Raih Posisi Ke-12 dalam Ranking Perguruan Tinggi Berkelanjutan Terbaik di Indonesia Menurut UI Greenmetric Tahun 2023

Sebarkan artikel ini
Tahun 2023, Unila Peringkat 12 Perguruan Tinggi Berkelanjutan Terbaik di Indonesia Versi UI Greenmetric
Tahun 2023, Unila Peringkat 12 Perguruan Tinggi Berkelanjutan Terbaik di Indonesia Versi UI Greenmetric

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Universitas Lampung (Unila) berhasil menunjukkan komitmennya dalam mewujudkan kampus hijau dan berkelanjutan sebagai yang terbaik di Indonesia.

Prestasi tersebut terbukti dengan peningkatan posisi Unila, yang kini menduduki peringkat 12 dalam pemeringkatan kampus berkelanjutan terbaik di Indonesia versi UI Greenmetric tahun 2023.

Pengumuman peringkat tahun ini disampaikan dalam sebuah acara yang dilaksanakan secara luar jaringan (Luring) dan dalam jaringan (Daring) dari Universitas Hasanudin di Makassar, Sulawesi Selatan, pada 30 November 2023.

UI Greenmetric, yang pertama kali diinisiasi oleh Universitas Indonesia pada tahun 2010, telah menjadi pemeringkatan global dengan partisipasi dari 1.184 universitas dari 85 negara pada tahun 2023.

Di tingkat nasional, sebanyak 145 kampus bersaing untuk meraih predikat kampus berkelanjutan terbaik.

Pemeringkatan ini didasarkan pada enam indikator utama, yaitu Setting dan Infrastruktur, Energi dan Perubahan Iklim, Limbah, Air, Transportasi, serta Pendidikan dan Riset.

Unila menunjukkan pencapaian luar biasa dalam semua aspek ini, mendorongnya naik peringkat secara signifikan.

Selain menduduki peringkat 12, Unila juga meraih penilaian trees rating sebanyak empat pohon.

Trees rating merupakan indikator sejauh mana sebuah kampus menerapkan konsep kampus hijau, dan skor empat pohon menempatkan Unila sebagai salah satu yang terdepan di Indonesia.

Perlu dicatat bahwa belum ada kampus di Indonesia yang berhasil mencapai status lima pohon, menjadikan pencapaian Unila semakin membanggakan.

Keberhasilan ini menandakan komitmen kuat Unila dalam menghadapi isu-isu lingkungan di dalam kampus dan menegaskan perannya dalam memastikan keberlanjutan populasi kampus.

Dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa Unila dijamin untuk terus berada dalam lingkungan berwawasan lingkungan.

Mereka didorong untuk berperan aktif baik dari segi riset maupun praktis, memberikan kontribusi nyata terhadap target Pembangunan Berkelanjutan (TPB) yang telah ditetapkan oleh pemerintah provinsi maupun pusat.

Ke depannya, Unila diharapkan dapat terus menjadi teladan bagi kampus-kampus lainnya dalam menerapkan solusi berkelanjutan terhadap tantangan lingkungan global.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *