BERITA

Turbulensi Cuaca: Hujan Membasahi Sebagian Wilayah dari Pagi hingga Sore

24
×

Turbulensi Cuaca: Hujan Membasahi Sebagian Wilayah dari Pagi hingga Sore

Sebarkan artikel ini
Cuaca Hari Ini Hujan Lebat di Sebagian Wilayah Pagi hingga Sore Hari
Cuaca Hari Ini Hujan Lebat di Sebagian Wilayah Pagi hingga Sore Hari

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Wilayah II Lampung telah merilis prakiraan cuaca untuk hari ini, Sabtu, 11 Mei 2024.

Menurut BMKG, pagi hari ini diprediksi akan cerah berawan, namun cuaca berubah pada siang hingga sore hari dengan perkiraan hujan lebat di sebagian besar wilayah Lampung.

BMKG menginformasikan bahwa pada pagi hari, cuaca diprakirakan berawan dengan potensi hujan di wilayah Tanggamus, Lampung Timur, Lampung Selatan, Bandar Lampung, Pesawaran, Metro, Lampung Tengah, Lampung Utara, dan Tulangbawang.

Sementara itu, pada siang hingga sore hari, cuaca diprakirakan akan hujan di sebagian besar wilayah Lampung.

Pada malam hari, cuaca diprakirakan cerah berawan hingga berawan, dengan potensi hujan di wilayah Way Kanan dan Lampung Utara.

Untuk suhu udara, diprediksi berkisar antara 22,0°C hingga 32,0°C, kecuali di wilayah barat Lampung yang dapat mencapai 17,0°C hingga 30,0°C.

Kelembapan udara diprakirakan antara 60 hingga 100 persen. Arah dan kecepatan angin diperkirakan dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan 5 hingga 15 knots (sekitar 9 hingga 27 Km/Jam).

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini atas potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Metro, Lampung Timur, Lampung Selatan, Lampung Tengah, Lampung Utara, dan Pesawaran pada pagi hari.

Sementara pada siang dan sore hari, peringatan serupa berlaku untuk wilayah Pesisir Barat, Lampung Barat, Tanggamus, Mesuji, Lampung Tengah, Lampung Selatan, Metro, Lampung Timur, Pesawaran, Way Kanan, Mesuji, Tulangbawang, Tulangbawang Barat, dan Lampung Utara.

Selain itu, BMKG juga menetapkan 14 daerah di Indonesia dengan status waspada cuaca ekstrem, berupa hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Daerah-daerah tersebut mencakup Aceh, Sumatera Utara, Jambi, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Selatan.

Dengan prakiraan ini, BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan mengambil langkah-langkah antisipasi yang diperlukan untuk menghadapi kondisi cuaca yang mungkin ekstrem.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *