BERITA

Troubleshooting Lampu Sein Motor yang Tidak Menyala: Solusi Terbaik dari Astra Motor Imam Bonjol

53
×

Troubleshooting Lampu Sein Motor yang Tidak Menyala: Solusi Terbaik dari Astra Motor Imam Bonjol

Sebarkan artikel ini
Lampu Sein Motor Mati, Yuk Kenali Penyebab dan Cara Perbaikannya dari Astra Motor Imam Bonjol
Lampu Sein Motor Mati, Yuk Kenali Penyebab dan Cara Perbaikannya dari Astra Motor Imam Bonjol

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Penggunaan lampu sein saat berkendara adalah salah satu hal yang sangat penting, karena berfungsi sebagai penanda untuk kendaraan di belakang kita jika kita hendak berbelok atau mengubah arah.

Namun, masih sering kita melihat pengendara yang tidak menggunakan lampu sein saat berbelok, dan banyak dari mereka mengalami kerusakan pada lampu sein sehingga tidak berfungsi.

Hal ini tidak hanya mengganggu, tetapi juga sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas yang tidak diinginkan.

Lalu, apa sebenarnya yang menjadi penyebab lampu sein motor mati ketika dinyalakan? Di bawah ini, AHASS Astra Motor Imam Bonjol Bandar Lampung memberikan penjelasan mengenai beberapa penyebab umum dan cara perbaikannya:

1. Saklar yang Kotor

Salah satu penyebab utama lampu sein mati adalah saklar yang kotor. Untuk memeriksa ini, Anda bisa mencoba menggerakkan saklar lampu sein.

Jika lampu sein menyala saat saklar digerakkan sesuai arah yang diinginkan, berarti saklar berfungsi dengan baik.

Namun, jika lampu sein tidak menyala ketika saklar digerakkan, itu berarti tidak ada aliran listrik yang mengalir ke lampu sein.

2. Flasher Sein yang Rusak atau Kotor

Flasher sein adalah komponen yang mengatur kedipan lampu sein. Ada dua tanda utama bahwa flasher sein mungkin mengalami kerusakan.

Pertama, lampu sein motor terus menyala tanpa berkedip. Kedua, lampu sein tidak menyala sama sekali atau mati di salah satu sisi.

Jika lampu terus menyala tanpa berkedip, ini menunjukkan adanya masalah pada sirkuit tengah di flasher sein.

Jika lampu sein mati, itu menunjukkan bahwa titik sentuh dalam sirkuit tengah telah terputus.

3. Bohlam dan Kabel Putus

Bohlam dan kabel yang putus dapat menjadi penyebab lain mengapa lampu sein tidak berfungsi. Bohlam dalam lampu sein saling mempengaruhi satu sama lain.

Jika salah satu bohlam putus, hal itu dapat memengaruhi kinerja bohlam lainnya. Oleh karena itu, pastikan semua bohlam dalam lampu sein dalam kondisi baik dan tidak ada yang putus atau rusak.

4. Tegangan Aki yang Tidak Maksimal

Jika ketiga komponen di atas telah diperiksa dan tidak ditemukan masalah, masalah lampu sein yang mati mungkin disebabkan oleh tegangan aki yang tidak mencukupi.

Aki pada motor harus memiliki tegangan yang mencukupi, yaitu di atas 12 volt. Jika tegangan aki kurang dari 12 volt, ini dapat menjadi penyebab lampu sein tidak berfungsi.

Oleh karena itu, pastikan tegangan aki pada motor Anda berada dalam kondisi optimal.

Pemahaman mengenai penyebab umum lampu sein mati dan cara perbaikannya dapat membantu menjaga keselamatan dan kenyamanan saat berkendara.

Jika Anda tidak yakin bagaimana cara memeriksa atau memperbaiki lampu sein motor Anda, sebaiknya konsultasikan dengan mekanik profesional atau bengkel AHASS Astra Motor Imam Bonjol untuk mendapatkan bantuan yang tepat.

Ingatlah bahwa lampu sein yang berfungsi dengan baik adalah salah satu aspek penting dalam menjaga keselamatan selama berkendara.