BERITA

Transformasi Teknologi dan Agile Leadership Menuju Daya Saing Internasional: Seminar Nasional IIB Darmajaya

190
×

Transformasi Teknologi dan Agile Leadership Menuju Daya Saing Internasional: Seminar Nasional IIB Darmajaya

Sebarkan artikel ini
IIB Darmajaya Gelar Seminar Nasional “Transformasi Teknologi dan Agile Leadership Menuju Daya Saing Internasional”
IIB Darmajaya Gelar Seminar Nasional “Transformasi Teknologi dan Agile Leadership Menuju Daya Saing Internasional”

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada tanggal 3 Agustus 2023, Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya mengadakan Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dengan tema “Transformasi Teknologi dan Agile Leadership Menuju Daya Saing Internasional.” Acara ini diselenggarakan secara daring.

Sebagai keynote speaker, seminar ini dihadiri oleh tiga ahli yang berpengaruh di bidangnya, yaitu Prof. Dr. Sabrina O. Sihombong dari Universitas Pelita Harapan, Prof. Dr. Ir. Khasrad, M.Si dari Universitas Andalas, dan Dr. Sutedi S.Kom.,MTi dari IIB Darmajaya.

Ketua Pelaksana Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Dr. Winda Rika Lestari, S.E., M.M., menyatakan bahwa transformasi teknologi menjadi hal penting dalam penggunaan teknologi untuk mengubah proses analog atau tradisional menjadi lebih efisien dan efektif.

Ia mencontohkan berbagai contoh transformasi teknologi dalam kehidupan sehari-hari, seperti penggunaan jam tangan pintar dan asisten rumah tangga berbasis kecerdasan buatan atau AI.

Sebanyak 71 pemakalah mengikuti seminar ini dengan total 206 peserta, terdiri dari 56 mahasiswa dan 150 dosen.

Para peserta berasal dari berbagai jenjang pendidikan, baik S1 maupun S2, dan dari IIB Darmajaya serta perguruan tinggi lain di Indonesia.

Dr. Winda Rika Lestari berharap bahwa seminar ini dapat menjadi platform komunikasi dan diskusi antara sivitas akademika dan stakeholder terkait untuk mengembangkan model strategi inovasi. Semoga seminar ini dapat mencapai tujuan yang diharapkan.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor IIB Darmajaya, Dr. Ir. Firmansyah Y. Alfian, MBA., M.Sc., yang diwakili oleh Dekan Fakultas Desain, Hukum, dan Pariwisata, Dr. Handoyo Widi Nugroho, S.Kom., M.T.I., menyampaikan bahwa transformasi teknologi mencakup cara teknologi mengubah bisnis dengan adopsi teknologi baru.

Rektor berharap seminar ini dapat membahas tentang pentingnya pemimpin digital dalam mendorong transformasi di organisasi.

Para pemimpin teknologi juga diharapkan dapat berinovasi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mencari solusi terbaik.

Dari seminar ini, diharapkan peningkatan penelitian untuk mendukung pembelajaran yang lebih berkualitas.

Selain itu, pengabdian masyarakat juga diharapkan dapat memanfaatkan teknologi digital yang aplikatif dan membawa dampak positif pada kehidupan masyarakat di era persaingan global dan era society 5.0.

Pada Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat ini, telah ditetapkan beberapa kategori penghargaan, yakni Best Paper dan Best Presenter.

Best Paper untuk bidang Ilmu Komputer diraih oleh Dedi Arbain dan Sriyanto, Ph.D., dengan judul “Perbandingan Kinerja Algoritma K-Medoids dan K-Means Untuk Klasifikasi Penyakit Kanker Serviks”.

Sedangkan untuk bidang Ekonomi dan Bisnis, Best Paper diraih oleh Setiyo, Agung Nugroho, dan Ari Pumomo dengan judul “Perencanaan Strategis Sistem Informasi dan Teknologi Informasi pada Perusahaan PT Media Distribusi Nasional di Provinsi Lampung”.

Penghargaan Best Presenter juga diberikan untuk kedua bidang tersebut. Untuk Ilmu Komputer, Ganes Angga Witata meraih penghargaan dengan judul paper “Kajian Perbandingan Algoritma KNN dan SVM untuk Prediksi Pengangguran di Provinsi Lampung”.

Sedangkan dalam bidang Ekonomi dan Bisnis, penghargaan Best Presenter diberikan kepada Talitha Nabila Syahda dengan judul paper “Pengaruh Integritas, Moralitas, dan Religiositas Terhadap Pencegahan Kecurangan Pengelolaan Dana BOS”.

Seminar Nasional ini menawarkan berbagai penelitian dan pengabdian yang relevan dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan bisnis yang beragam.

Harapannya, hasil-hasil penelitian dan pemikiran yang dihasilkan dari acara ini akan membawa dampak positif bagi masyarakat dan bersinergi dalam menghadapi tantangan persaingan di tingkat internasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *