BERITA

Transformasi Pendidikan: Dosen Universitas Teknokrat Indonesia Memperkenalkan Era Pendidikan Cerdas di SMK Islam Adiluwih Pringsewu

82
×

Transformasi Pendidikan: Dosen Universitas Teknokrat Indonesia Memperkenalkan Era Pendidikan Cerdas di SMK Islam Adiluwih Pringsewu

Sebarkan artikel ini
Dosen Universitas Teknokrat Indonesia, Implementasikan Smart School di SMK Islam Adiluwih Pringsewu
Dosen Universitas Teknokrat Indonesia, Implementasikan Smart School di SMK Islam Adiluwih Pringsewu

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) telah berhasil melaksanakan kegiatan implementasi Smart School di Laboratorium Teknik Komputer dan Jaringan SMK Islam Adiluwih Pringsewu pada Sabtu, 31 Agustus 2023.

Kegiatan ini merupakan inisiatif yang menggabungkan pengetahuan dosen dan semangat mahasiswa untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Pringsewu.

Kegiatan ini dipimpin oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UTI, Achmad Yudi Wahyudin, M.Pd., bersama tim dosen komputer yang terdiri dari Dr. Si. Dedi Darwis, M.Kom., dan Setyawansyah, M.Kom., serta dua mahasiswa dari Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer UTI.

Kolaborasi ini bertujuan untuk mengatasi beberapa permasalahan penting yang dihadapi oleh SMK Islam Adiluwih Pringsewu, termasuk kurangnya kompetensi guru dalam mengelola mata pelajaran praktik atau produktif secara daring, serta pengelolaan sistem pelayanan administrasi dan keuangan sekolah yang belum optimal.

Untuk mengatasi permasalahan ini, tim PKM dari UTI memberikan solusi berupa pelatihan dan pendampingan kepada para guru dalam merancang dan membuat konten pembelajaran interaktif untuk mata pelajaran praktik/produktif.

Solusi ini mencakup penerapan teknologi Virtual Lab, yang memungkinkan siswa untuk melakukan praktik berbasis Virtual Lab menggunakan alat seperti Virtual Programming Laboratorium (VPL), HTML 5 Canvas, dan Proxmox.

Selain itu, tim juga mengembangkan aplikasi yang dapat diakses secara online melalui website dan perangkat mobile untuk sistem administrasi dan keuangan sekolah, sehingga seluruh proses administrasi dan keuangan dapat diakses secara real-time.

Smart School adalah sistem yang dirancang untuk membantu siswa dalam melatih keterampilan akademis.

Dengan sistem ujian berbasis teknologi, penggunaan media tradisional seperti kertas dan pulpen dapat diminimalkan, meningkatkan efisiensi dalam proses pembelajaran.

Selain itu, Smart School juga mencakup aplikasi pembayaran iuran komite dari siswa, memudahkan administrasi sekolah.

Kegiatan PKM ini merupakan hibah dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Masyarakat (DRTPM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) tahun 2023 melalui skema Program Kemitraan Masyarakat.

Ketua tim pelaksana kegiatan, Achmad Yudi Wahyudin, M.Pd., menegaskan bahwa kegiatan PKM di SMK Islam Adiluwih ini akan dilanjutkan secara berkelanjutan dengan pendampingan yang intensif.

Wakil Rektor UTI, Dr. H. Mahathir Muhammad, SE., MM., menyambut baik kegiatan PKM yang telah dilaksanakan.

Ia berharap bahwa Smart School yang telah diimplementasikan tidak hanya bermanfaat bagi SMK Islam Adiluwih, tetapi juga dapat diadopsi oleh sekolah kejuruan lain di Provinsi Lampung.

Dengan demikian, manfaat dari hasil penelitian dan PKM dosen UTI dapat dirasakan oleh masyarakat lebih luas, berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan di seluruh wilayah.