BERITA

Transformasi Digital Melalui Program Pelatihan IoT di SMKS BLK Bandar Lampung oleh UTI

201
×

Transformasi Digital Melalui Program Pelatihan IoT di SMKS BLK Bandar Lampung oleh UTI

Sebarkan artikel ini
Program Sekolah Binaan UTI, Pelatihan Internet of Things di SMKS BLK Bandar Lampung
Program Sekolah Binaan UTI, Pelatihan Internet of Things di SMKS BLK Bandar Lampung

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Universitas Teknokrat Indonesia (UTI), yang dikenal sebagai Universitas Terbaik di Lampung, terus berkomitmen untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

Salah satu program PKM yang dilakukan oleh UTI adalah Program Sekolah Binaan, dan pada Selasa (18/8/2023), mereka melaksanakan kegiatan ini dengan sukses di SMKS BLK Bandar Lampung.

Ketua Tim PKM Universitas Teknokrat Indonesia, S. Samsugi, M.Eng., menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu dari dua rangkaian kegiatan yang direncanakan oleh tim PKM Universitas Teknokrat hingga akhir semester 2022-2023 di SMKS BLK Bandar Lampung.

Kegiatan pertama ini adalah pelatihan Internet of Things (IoT) dengan penggunaan Database MySQL yang diberikan kepada siswa Kelas 12 SMKS BLK Bandar Lampung.

Pemateri utama dalam pelatihan ini adalah S. Samsugi, S.Kom., M.Eng.

Samsugi menjelaskan bahwa materi pelatihan IoT dengan database ini sangat penting karena digunakan sebagai sarana untuk mengumpulkan data sensor.

Data yang dikumpulkan nantinya akan digunakan untuk analisis.

Selama ini, pengumpulan data hanya mengandalkan cloud di Internet, tetapi dengan adanya penyimpanan sendiri, diharapkan data akan lebih aman dan bersifat pribadi.

Selain itu, pelatihan IoT juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa SMKS BLK Bandar Lampung tentang perkembangan teknologi otomasi.

Ketua Tim PKM S. Samsugi, S.Kom., M.Eng., mengucapkan rasa terima kasih kepada Rektor Universitas Teknokrat Indonesia, Dr. HM. Nasrullah Yusuf, SE, MBA, yang telah mendukung kegiatan ini.

Kepala SMKS BLK Bandar Lampung, Riyanto, S.Pd., MM, yang didampingi oleh Waka Kurikulum, Zaky, juga mengungkapkan rasa terima kasih atas berbagi ilmu yang telah dilakukan.

Mereka menyadari bahwa pelatihan yang diberikan oleh Universitas Teknokrat akan membantu siswa untuk lebih memahami perkembangan teknologi, terutama dalam konteks revolusi industri 4.0 yang melibatkan IoT.

Di sisi lain, Wakil Rektor Universitas Teknokrat Indonesia, Dr. H. Mahathir Muhammad, SE., MM, memberikan apresiasi terhadap kegiatan PKM yang telah dilakukan oleh dosen-dosen Universitas Teknokrat.

Sejauh ini, puluhan sekolah di Lampung telah menjadi tempat pelaksanaan PKM oleh Universitas Teknokrat Indonesia.

Tim PKM Universitas Teknokrat Indonesia yang terlibat dalam kegiatan di SMKS BLK terdiri dari Ketua Tim S. Samsugi, S.Kom., M.Eng., dan anggota tim yaitu Styawati, ST., M.Cs, M.Fitratullah., S.S., MA, serta mahasiswa-mahasiswi seperti Feby Amanda, Dian Tri Saputra, dan Chafizd Chafizd.

Mahathir menambahkan bahwa saat ini Universitas Teknokrat Indonesia telah mendapatkan kepercayaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk melakukan pendampingan dalam Program SMK Pusat Keunggulan (PK) oleh Perguruan Tinggi di Provinsi Lampung.

Kepercayaan ini merupakan hasil dari dedikasi UTI dalam melaksanakan pengabdian pada masyarakat.

UTI terus berkomitmen untuk memberikan kontribusi positif bagi pendidikan dan perkembangan teknologi di Lampung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *