BERITA

Tragedi di Saluran Irigasi Punggur Lampung Tengah: Bocah 5 Tahun Terpeleset dan Meninggal

72
×

Tragedi di Saluran Irigasi Punggur Lampung Tengah: Bocah 5 Tahun Terpeleset dan Meninggal

Sebarkan artikel ini
Terpeleset ke Saluran Irigasi di Punggur Lampung Tengah, Bocah 5 Tahun Meninggal
Terpeleset ke Saluran Irigasi di Punggur Lampung Tengah, Bocah 5 Tahun Meninggal

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Sebuah peristiwa tragis terjadi di Saluran Irigasi Sidomulyo, Kecamatan Punggur, Kabupaten Lampung Tengah, pada Jumat, 3 November 2023.

Seorang bocah berusia 5 tahun bernama Fiko menjadi korban dalam insiden yang mengguncang hati banyak orang. Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 16.00 WIB.

Menurut Koman Liyo, Komandan Tim Rescue Basarnas Lampung, saat itu Fiko sedang bermain di sekitar saluran irigasi Sidomulyo.

Tanpa diduga, Fiko terpeleset dan terjatuh ke dalam saluran irigasi, di mana arus kuat langsung membawanya menjauh.

Warga sekitar yang menyaksikan peristiwa tragis ini segera berusaha menyelamatkan Fiko. Namun, arus deras di dalam irigasi membuat upaya penyelamatan menjadi sulit dilakukan.

Basarnas segera menerima laporan mengenai kejadian ini dan segera menurunkan satu tim Rescue untuk melakukan pencarian dan pertolongan.

Tim tersebut tiba di lokasi sekitar pukul 19.15 WIB dan langsung berkoordinasi dengan unsur SAR Gabungan, yang terdiri dari aparat kepolisian dan relawan lainnya.

Dua tim SAR Rescue Unit (SRU) dibentuk untuk melakukan pencarian terhadap Fiko. SRU I melakukan penyisiran di sekitar Pintu Air 14 dan Pintu Air 15 ke arah hulu, sementara SRU II melakukan penyisiran sejauh 2.2 kilometer arah 212° Timur Laut dari titik duga korban tenggelam.

Setelah pencarian yang intensif, “Tim SAR Gabungan menemukan korban dalam keadaan meninggal dunia pukul 22.17 WIB, sekitar 3 kilometer arah Barat Daya dari lokasi kejadian,” kata Koman.

Selanjutnya, jasad Fiko dievakuasi dan diserahkan kepada pihak keluarga untuk dipulangkan ke rumah duka.

Peristiwa ini menjadi pengingat betapa pentingnya keamanan anak-anak di sekitar perairan dan betapa cepat situasi dapat berubah menjadi sebuah tragedi yang mendalam.

Semoga keluarga Fiko diberi kekuatan untuk menghadapi kehilangan yang begitu berat ini.