BERITA

Tips Merawat Motor Honda CBR 250R agar Tetap Nyaman dari Bengkel Honda Raden Intan Bandar Lampung

52
×

Tips Merawat Motor Honda CBR 250R agar Tetap Nyaman dari Bengkel Honda Raden Intan Bandar Lampung

Sebarkan artikel ini
Ingin Motor Honda CBR 250R Tetap Nyaman, ini Tips Merawatnya dari Bengkel Honda Raden Intan Bandar Lampung
Ingin Motor Honda CBR 250R Tetap Nyaman, ini Tips Merawatnya dari Bengkel Honda Raden Intan Bandar Lampung

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Motor Honda CBR 250R adalah pilihan favorit banyak pria yang ingin merasakan sensasi berkendara dengan gaya yang gagah dan sporty.

Namun, untuk menjaga performa dan kenyamanan motor ini, perawatan yang tepat sangat diperlukan.

Di Bengkel Honda Raden Intan Bandar Lampung, pemilik Honda CBR 250R dapat menemukan beberapa tips penting untuk merawat motor kesayangan mereka.

Salah satu langkah utama dalam merawat motor Honda CBR 250R adalah dengan rajin melakukan servis rutin dan mengganti oli.

Oli mesin adalah komponen vital dalam menjaga mesin tetap beroperasi dengan baik. Ketika oli kotor atau tidak berfungsi dengan baik, risiko kerusakan mesin akan meningkat secara signifikan.

Mekanik handal Bengkel Honda Raden Intan Bandar Lampung, Bekti Mashuri, menjelaskan pentingnya menjaga kebersihan filter oli. Filter oli berfungsi sebagai penyaring kotoran yang dapat merusak mesin jika dibiarkan masuk ke dalam celah-celah mesin.

Bekti Mashuri menjelaskan, “Efeknya oli jadi gampang kotor, oli kotor itu berbahaya untuk mesin, terutama untuk beberapa bearing yang ada di mesin Honda CBR 250R yang membutuhkan fluida (berupa oli mesin) sebagai bantalannya.”

Ia juga menekankan bahwa komponen mesin yang paling rentan adalah bagian metal atau journal bearing yang ada di kruk as, connecting rod atau setang seher, dan camshaft atau noken as.

Ketika oli kotor masuk ke dalam bearing ini, metal bearing tidak dapat berputar secara maksimal, bahkan bisa mengalami kerusakan yang cukup serius.

Bekti Mashuri menjelaskan bahwa meskipun bearing umumnya menggunakan pelor (ball bearing) dan bambu, metal bearing menggunakan oli untuk mengurangi daya gesek.

Oleh karena itu, filter oli harus diganti secara berkala. Ia menyarankan untuk mengganti filter oli bawaan Honda CBR 250R setiap tiga kali ganti oli.

Selain memerhatikan filter oli, pemilik motor juga perlu memperhatikan kekentalan dan kualitas oli yang digunakan.

Bearing metal pada Honda CBR 250R rawan macet jika menggunakan oli yang tidak cocok.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan oli yang sesuai dengan standar pabrikan, yaitu 10W-30, atau lebih baik lagi menggunakan oli yang sudah full sintetis dengan standar 10W-40.

Dengan perawatan yang teliti dan tepat, pemilik Honda CBR 250R dapat memastikan motor mereka tetap nyaman, performa tinggi, dan tahan lama.

Bengkel Honda Raden Intan Bandar Lampung siap memberikan bantuan dan saran kepada para pemilik motor yang peduli dengan kesehatan dan kinerja Honda CBR 250R mereka.

Dengan perawatan yang baik, motor kesayangan Anda akan selalu siap menghadapi petualangan di jalanan.