OTOMOTIF

Harapan Honda: Pertumbuhan Pasar Sepeda Motor Mencapai 5 Persen

30
×

Harapan Honda: Pertumbuhan Pasar Sepeda Motor Mencapai 5 Persen

Sebarkan artikel ini
Honda Berharap Pasar Sepeda Motor Tumbuh Hingga 5 Persen
Honda Berharap Pasar Sepeda Motor Tumbuh Hingga 5 Persen

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Sebagai pemimpin pasar, PT Astra Honda Motor (AHM) menaruh harapan besar pada pasar sepeda motor Indonesia tahun ini dengan proyeksi mencapai 6,5 juta unit.

Proyeksi ini sejalan dengan pertumbuhan nasional yang berkisar antara 1 hingga 5 persen.

Thomas Wijaya, Executive Vice President Director AHM, mengungkapkan bahwa industri otomotif roda dua menghadapi tantangan di awal tahun ini, dengan beberapa faktor seperti geopolitik, geoekonomi, dan tekanan ekonomi global yang mempengaruhi daya beli di Indonesia.

“Dua bulan pertama tahun ini kami melihat pasar mengalami penurunan hingga 3 persen dibanding periode yang sama tahun lalu,” ujar Thomas di Jakarta, Selasa (26/3/2024).

Meskipun demikian, AHM optimis bahwa momentum Hari Raya Idul Fitri dapat menjadi pendorong pemulihan pasar yang sedang lesu saat ini.

“Kami percaya setelah Lebaran atau saat Lebaran ini pasar akan mulai membaik dan mulai naik lagi,” tambahnya.

Selain faktor-faktor yang telah disebutkan, AHM juga mengidentifikasi kenaikan harga bahan pokok dan kondisi cuaca yang tidak menentu sebagai faktor lain yang memengaruhi penjualan.

Jika melihat kinerja penjualan sepeda motor secara nasional pada tahun 2023, angkanya mencapai lebih dari 6 juta unit. Selama periode tersebut, Honda berhasil mencatatkan pangsa pasar penjualan di atas 78 persen.

Proyeksi yang ditetapkan oleh Honda untuk tahun ini juga sejalan dengan prediksi yang digaungkan oleh Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), yang memperkirakan penjualan sepeda motor di Tanah Air akan mengalami kenaikan antara 1 hingga 5 persen.

Penjualan Sepeda Motor 2023

Tahun 2023 merupakan tahun yang luar biasa bagi penjualan sepeda motor di Indonesia.

Menurut data AISI, total penjualan pasar sepeda motor mencapai 6.236.992 unit, menempatkan Indonesia sebagai negara dengan penjualan terbesar ketiga di dunia setelah China dan India.

“Hal ini menandai pertumbuhan sebesar 19 persen dibandingkan tahun sebelumnya,” jelas Hari Budiyanto, Sekretaris Umum AISI.

Indonesia juga mendominasi pasar sepeda motor di kawasan ASEAN, dengan kontribusi lebih dari 50 persen dalam penjualan motor di wilayah tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *