BERITA

Tindak Cepat Penanggulangan Stunting: Program Bangga Kencana BKKBN di Lampung Timur

50
×

Tindak Cepat Penanggulangan Stunting: Program Bangga Kencana BKKBN di Lampung Timur

Sebarkan artikel ini
Percepat Penurunan Stunting, BKKBN Gelar Program Bangga Kencana di Marga Tiga Lampung Timur
Percepat Penurunan Stunting, BKKBN Gelar Program Bangga Kencana di Marga Tiga Lampung Timur

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Desa Sukaraja Tiga, Kecamatan Marga Tiga, Kabupaten Lampung Timur menjadi saksi sebuah upaya luar biasa dalam penanggulangan masalah stunting di wilayah Provinsi Lampung.

Pada Kamis, 19 Oktober 2023, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Lampung menggelar sebuah kegiatan kampanye yang bertujuan untuk mempercepat penurunan tingkat stunting di seluruh Kabupaten/Kota Provinsi Lampung.

Kegiatan ini dibuka dengan penuh semangat oleh Kepala BKKBN Lampung, dr. Nurizky Permanajati, M.H., yang merupakan sosok yang sangat berkomitmen dalam menjalankan program-program yang mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat Lampung.

Acara ini pun dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Anggota DPR RI Komisi IX, Itet Tridjajati Sumarijanto, M.B.A., yang turut memberikan pandangan yang berharga tentang peran legislatif dalam penanggulangan stunting.

Kegiatan ini berhasil menyatukan berbagai unsur, dengan kehadiran Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) KB Kabupaten Lampung Timur, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Lampung Timur, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TPPS) Kabupaten Lampung Timur, dan peserta dari daerah setempat.

Mereka semua berkumpul dengan satu tujuan, yaitu meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku keluarga, remaja, dan masyarakat terhadap Program Bangga Kencana.

Pada kesempatan tersebut, Kepala BKKBN Lampung memberikan wawasan yang mendalam mengenai pentingnya penanggulangan stunting.

“Salah satu permasalahan utama dalam mewujudkan sumber daya manusia berkualitas, yang menjadi fokus kita saat ini adalah persoalan stunting. Stunting merupakan hasil dari buruknya status nutrisi anak sejak dalam kandungan dan di awal kehidupannya. Anak-anak dengan stunting tidak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang maksimal sebagaimana anak-anak lain di usia mereka. Ini berdampak pada prestasi sekolah yang rendah dan meningkatkan risiko penyakit metabolisme. Oleh karena itu, stunting membatasi kontribusi optimal anak-anak kita untuk berkarya,” ujar beliau dengan penuh semangat.

BKKBN Lampung memahami bahwa penanggulangan stunting adalah tugas bersama yang memerlukan kolaborasi lintas sektor, mulai dari tingkat pusat hingga kabupaten/kota.

Mereka telah berhasil melibatkan berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, tokoh agama, tokoh adat, serta mitra kerja terkait.

Tujuan utama dari kerjasama ini adalah untuk mendekatkan Program Bangga Kencana dengan masyarakat dan memperluas peran BKKBN dalam mencegah stunting di tengah keluarga.

Acara puncak kegiatan diakhiri dengan keceriaan, saat semua peserta bersama-sama memainkan angklung bersama Tricia Lelonowati Sumarijanto.

Selain itu, doorprize juga dibagikan kepada masyarakat sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi mereka dalam upaya penanggulangan stunting.

Kegiatan yang digelar ini menjadi bukti nyata bahwa penanggulangan stunting bukanlah tugas yang bisa diselesaikan oleh satu pihak saja, melainkan sebuah perjuangan bersama yang melibatkan seluruh komponen masyarakat.

Dengan semangat kolaborasi dan komitmen yang kuat, diharapkan bahwa penurunan stunting akan menjadi kenyataan di Provinsi Lampung, membuka pintu menuju generasi muda yang lebih sehat dan berkualitas.