BERITA

Diduga Truk Paket J&T Memicu Kebakaran Kapal Ferry Tranship 1 di Pelabuhan Bakauheni

52
×

Diduga Truk Paket J&T Memicu Kebakaran Kapal Ferry Tranship 1 di Pelabuhan Bakauheni

Sebarkan artikel ini
Truk Paket J&T Diduga Penyebab Kebakaran Kapal Ferry Tranship 1 di Pelabuhan Bakauheni
Truk Paket J&T Diduga Penyebab Kebakaran Kapal Ferry Tranship 1 di Pelabuhan Bakauheni

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada Jumat sore tanggal 20 Oktober 2023, sebuah peristiwa yang menggegerkan terjadi di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.

Kapal ferry KMP Tranship 1, yang berlayar dari Pelabuhan Merak, dikabarkan mengalami kebakaran saat hendak bersandar di Dermaga 6.

Menurut keterangan dari Kepala KSKP Bakauheni, AKP Ridho Rafika, asap tebal mulai muncul dari dek kapal sekitar tiga mil laut dari Dermaga 6.

Informasi dari pihak kepolisian mengindikasikan bahwa kebakaran tersebut berasal dari sebuah truk pengangkut paket milik J&T dengan nomor plat B 9239 UXW yang berada di dalam kapal KMP Tranship 1.

Ridho menyatakan bahwa penyebab pasti kebakaran truk tersebut masih dalam penyelidikan, termasuk muatan yang dibawa oleh truk tersebut.

Kapten kapal segera mengambil tindakan koordinasi dengan PT ASDP (Angkutan Sungai Danau Dan Penyeberangan) dan mengarahkan kapal ke Dermaga 4 di Pelabuhan Bakauheni sebagai langkah untuk mempercepat proses evakuasi.

Padahal, seharusnya kapal tersebut bersandar di Dermaga 6. Tindakan cepat ini diambil demi keselamatan penumpang dan awak kapal.

Menurut informasi dari Ridho, tidak ada korban jiwa yang dilaporkan dalam peristiwa tersebut, dan berhasil dievakuasi sekitar 200 penumpang kapal.

Proses evakuasi dilakukan dengan cepat dan tertata rapi untuk memastikan keselamatan semua penumpang.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Lampung, Komisaris Besar Umi Fadillah, menyatakan bahwa evakuasi penumpang menjadi prioritas utama dalam situasi ini.

Mengingat Pelabuhan Bakauheni adalah salah satu objek vital, dan merupakan salah satu pelabuhan tersibuk di Indonesia, Kapolda Lampung, Irjen Helmy Santika, telah memerintahkan sejumlah pejabat tinggi untuk melakukan pengecekan langsung di lapangan.

Tindakan ini diambil untuk memastikan bahwa seluruh prosedur keamanan dan evakuasi di pelabuhan berjalan dengan baik.

Sebelumnya, Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin, telah mengonfirmasi kejadian tersebut.

Ia menyebut bahwa kebakaran terjadi pada KMP Tranship 1, yang merupakan kapal milik PT Tranship Indonesia dan berlayar dari Merak menuju Bakauheni.

Peristiwa kebakaran kapal ferry ini menjadi perhatian besar di Indonesia, terutama karena dampaknya yang signifikan pada mobilitas dan keselamatan penumpang.

Penyelidikan lebih lanjut akan diperlukan untuk menentukan penyebab pasti kebakaran truk pengangkut paket J&T di dalam kapal KMP Tranship 1.