BERITA

Tari Cetik Kipas Melinting Lampung: Energi Membara Sebelum Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Istana Negara

157
×

Tari Cetik Kipas Melinting Lampung: Energi Membara Sebelum Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Istana Negara

Sebarkan artikel ini
Tari Cetik Kipas Melinting dari Lampung Tampil Sebelum Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi di Istana Negara
Tari Cetik Kipas Melinting dari Lampung Tampil Sebelum Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi di Istana Negara

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Setiap tahun, tanggal 17 Agustus di Indonesia bukanlah hari biasa.

Tepat pada hari itu, bangsa Indonesia merayakan kemerdekaannya yang begitu berharga.

Peringatan proklamasi 17 Agustus telah menjadi suatu momen sakral yang dipenuhi dengan semangat kebangsaan dan rasa syukur.

Dalam tahun 2023, peringatan ini memiliki nuansa istimewa dengan kehadiran tarian khas Lampung yang memikat, Cetik Kipas Melinting.

Upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di tahun 2023 diadakan dengan megah di Istana Merdeka.

Acara yang dipimpin oleh Presiden dan dihadiri oleh lebih dari 8000 undangan dari berbagai kalangan dan negara ini menjadi puncak dari serangkaian perayaan kemerdekaan.

Namun, sebelum upacara dimulai, sorotan tertuju pada tarian yang memikat hati semua yang hadir.

Tarian Cetik Kipas Melinting, sebuah warisan budaya Lampung, menari dengan anggun di lapangan hijau Istana Merdeka.

Pada Kamis, 17 Agustus 2023, tarian ini menjadi bintang pembuka yang menghiasi suasana sebelum upacara peringatan dimulai.

Tarian ini memberikan sentuhan kebanggaan khas Lampung dalam merayakan momen bersejarah bagi Indonesia.

Gerakan tari Cetik Kipas Melinting memiliki makna yang mendalam. Ia menggambarkan dua sisi yang harmonis dalam kehidupan: kegagahan dan kelembutan.

Gerakan penari pria yang gagah dan lincah melambangkan tanggung jawab laki-laki dalam melindungi dan mengayomi keluarga.

Sementara itu, gerakan penari wanita yang lembut dan halus mewakili kelembutan serta peran wanita dalam menciptakan kedamaian dan keharmonisan.

Tak kurang dari 100 penari, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, dari berbagai kalangan masyarakat, serta ibu-ibu, berkolaborasi dalam menyajikan tarian ini dengan penuh semangat.

Mereka berkumpul untuk membawakan tarian yang menghormati akar budaya dan kearifan lokal Lampung.

Perayaan peringatan detik-detik proklamasi ini mengangkat Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, sebagai inspektur upacara.

Tahun ini menandai akhir masa jabatan Presiden Jokowi sebagai inspektur upacara setelah sepuluh tahun penuh dedikasi dalam memimpin negara.

Keberadaannya pada upacara ini memberikan nuansa khusus yang menggugah semangat kebersamaan dan harapan akan masa depan yang lebih baik.

Sebagai perpaduan antara sejarah dan budaya, peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2023 menjadi momentum yang tak terlupakan.

Dengan tarian Cetik Kipas Melinting yang memukau, momen ini menunjukkan betapa pentingnya menjaga dan merayakan identitas budaya yang kaya, sambil merangkul masa depan yang penuh harapan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *