BERITA

Tampilan Gemilang Gubernur Lampung dan Ketua TP-PKK di Acara Berbatik Istana

192
×

Tampilan Gemilang Gubernur Lampung dan Ketua TP-PKK di Acara Berbatik Istana

Sebarkan artikel ini
Gubernur Lampung Bersama Ketua TP-PKK Hadiri Acara Istana Berbatik
Gubernur Lampung Bersama Ketua TP-PKK Hadiri Acara Istana Berbatik

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Gubernur Arinal Djunaidi dan Ketua TP-PKK Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal, menjadi bagian dari acara megah “Istana Berbatik” yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka pada Minggu (1/10/2023).

Presiden Joko Widodo, dalam sambutannya saat membuka acara “Istana Berbatik,” mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk merawat dan memelihara kebanggaan mereka terhadap batik sebagai salah satu warisan budaya bangsa.

Beliau menambahkan bahwa Indonesia seharusnya merasa bangga memiliki batik, yang telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia.

“Bangsa Indonesia patut bersyukur memiliki batik yang bukan saja sebagai karya seni biasa, tetapi merupakan warisan budaya tak benda dunia dengan simbolisme, teknik, dan budaya yang sangat melekat dengan Indonesia,” kata Presiden Joko Widodo.

Selain itu, Presiden juga mengajak semua masyarakat Indonesia untuk berperan aktif dalam melestarikan dan mengembangkan seni batik.

“Istana Berbatik” adalah sebuah pagelaran busana yang memamerkan beragam jenis batik dari seluruh Nusantara, yang dipenuhi dengan makna filosofis.

Acara ini digelar sebagai perayaan menyambut Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober 2023.

“Melalui pagelaran ini, kita akan melihat bagaimana batik telah menjadi bagian integral dari kehidupan masyarakat Indonesia dari masa ke masa, dari satu generasi ke generasi berikutnya. Batik juga telah menjadi alat diplomasi budaya Indonesia yang sangat penting,” kata Angela Tanoesoedibjo, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia “Istana Berbatik.”

Acara ini mencakup sebuah catwalk sepanjang 150 meter dengan latar belakang megah dari Istana Merdeka.

Sebanyak 503 peraga istimewa memamerkan koleksi batik terbaik, termasuk dari berbagai Kerajaan di Nusantara, UMKM yang dibina oleh Bank Indonesia dan BRI, serta karya batik dari para perancang busana Indonesia.

Para peraga istimewa ini mencakup perwakilan kerajaan, pimpinan lembaga negara, duta besar, para menteri kabinet, perwakilan kementerian/lembaga, para Ibu OASE, para Gubernur, publik figur, atlet, dan model.

Selain pagelaran busana, “Istana Berbatik” juga dimeriahkan dengan pertunjukan seni tari dan pameran UMKM batik sebagai bentuk dukungan untuk karya-karya anak bangsa.

“Kami berharap, melalui acara ini, batik sebagai warisan budaya Indonesia semakin digemari, semakin dikreasikan, semakin sering dikenakan, sehingga semakin lestari dan menyejahterakan,” ujar Angela.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *