BERITA

Strategi Terobosan: Polda Lampung Terapkan Sistem Delaying untuk Mengurai Kepadatan Arus Mudik di Pelabuhan Bakauheni

76
×

Strategi Terobosan: Polda Lampung Terapkan Sistem Delaying untuk Mengurai Kepadatan Arus Mudik di Pelabuhan Bakauheni

Sebarkan artikel ini
Urai Kepadatan Puncak Arus Mudik, Polda Lampung Terapkan Delaying Sistem di Pelabuhan Bakauheni
Urai Kepadatan Puncak Arus Mudik, Polda Lampung Terapkan Delaying Sistem di Pelabuhan Bakauheni

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Polda Lampung telah menyiapkan skenario arus lalu lintas dengan menerapkan delaying sistem atau sistem penundaan keberangkatan menuju arah Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.

Kapolda Lampung, Irjen Pol Helmy Santika, menyatakan bahwa delaying sistem ini akan diterapkan saat terjadi kepadatan arus lalu lintas di area Pelabuhan Bakauheni selama arus mudik dan balik Lebaran Idulfitri 2024.

“Bila terjadi penumpukan di pelabuhan pada titik tertentu, maka diberlakukan delaying sistem untuk menunda kendaraan menuju pelabuhan,” ujar Irjen Helmy Santika saat melakukan peninjauan di Pelabuhan Bakauheni, Sabtu (6/4/2024).

Menurut Helmy, skenario delaying sistem tersebut akan ditetapkan pada ruas jalan tol dan jalan arteri non-tol yang menuju Pelabuhan Bakauheni.

“Nantinya di sana bakal disiapkan lokasi buffer zone atau zona penyangga, yang bakal menampung sementara kendaraan,” tambahnya.

Jumlah buffer zone akan disebar pada ruas jalan tol meliputi Km 20 B, Km 33 B, Km 49 B, Km 67 B, dan Km 87 B.

Sedangkan jalan arteri akan memiliki buffer zone di Terminal Agribisnis Gayam, Kantor Lama Balai Karantina Pertanian, Jembatan Timbang Way Urang, Rumah Makan Gunung Jati, dan Rumah Makan Tiga Saudara.

“Jadi selain jalur tol dan juga jalur arteri ada lintas tengah, barat, dan timur, ada tempat-tempat buffer zone, apabila terpaksa harus diterapkan delaying sistem,” jelas Irjen Helmy Santika.

Tidak hanya berfungsi sebagai zona penyangga, lokasi buffer zone juga akan dimanfaatkan bagi para pengemudi kendaraan yang menuju Pelabuhan Bakauheni namun belum memiliki tiket kapal ferry.

Polda Lampung bersama stakeholder terkait telah memprediksi puncak arus mudik Lebaran Idulfitri 2024 akan terjadi pada Jumat-Minggu (5-7/4/2024).

Oleh karena itu, pengecekan arus lalu lintas dilakukan pada sejumlah simpul moda transportasi, termasuk di Pelabuhan Bakauheni.

Meskipun ditemukan peningkatan penumpukan kendaraan pada H-4 Lebaran Idulfitri 2024, Polda Lampung memastikan bahwa kondisi arus lalu lintas di Pelabuhan Bakauheni masih terpantau normal dan lancar.

Respon (1)

  1. I always emailed this website post page to all my associates,
    as if like to read it next my contacts will too.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *