BERITA

Sinergi Gubernur dan Stakeholder: Raker Kesehatan Daerah 2023 di Lampung, Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Menuju Kesuksesan

95
×

Sinergi Gubernur dan Stakeholder: Raker Kesehatan Daerah 2023 di Lampung, Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Menuju Kesuksesan

Sebarkan artikel ini
Sinergi Gubernur dan Stakeholder Raker Kesehatan Daerah 2023 di Lampung, Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Menuju Kesuksesan
Sinergi Gubernur dan Stakeholder Raker Kesehatan Daerah 2023 di Lampung, Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Menuju Kesuksesan

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Senin, 3 Juli 2023, di Ballroom Hotel Novotel, Bandar Lampung, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi secara resmi membuka Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Provinsi Lampung Tahun 2023.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini mengusung tema “Penguatan Implementasi Kebijakan Transformasi Sistem Kesehatan untuk Mengoptimalkan dan Mempercepat Pembangunan Kesehatan di Provinsi Lampung.”

Rakerkesda ini menjadi momen penting bagi para jajaran kesehatan dan stakeholder terkait di Provinsi Lampung untuk memperkuat sinergi dalam meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan, serta mewujudkan visi Lampung Sehat Berjaya.

Gubernur Arinal Djunaidi dalam sambutannya menggarisbawahi tiga upaya penting yang harus dilakukan guna mencapai tujuan tersebut.

Pertama, Gubernur Arinal mendorong Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) melalui sosialisasi, fasilitasi, dan sinergi program berbasis komunitas.

Dalam hal ini, partisipasi aktif masyarakat menjadi kunci keberhasilan implementasi Germas untuk menciptakan masyarakat yang sadar akan pentingnya kesehatan.

Selanjutnya, Gubernur Arinal memperkuat peran Puskesmas dan meningkatkan kualitas layanan yang diberikan.

Dengan bekerja sama secara sinergis dengan Pemerintah Kabupaten/Kota, langkah ini diharapkan mampu mengoptimalkan pelayanan kesehatan di tingkat primer dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

Gubernur juga menekankan pentingnya peningkatan kualitas pelayanan di rumah sakit.

Menyadari bahwa sektor kesehatan merupakan prioritas utama dalam pembangunan Provinsi Lampung, Gubernur Arinal mendorong upaya peningkatan mutu pelayanan rumah sakit untuk memberikan layanan yang berkualitas kepada masyarakat.

Dalam upaya transformasi sistem kesehatan, Gubernur Arinal meminta agar kebijakan tersebut diimplementasikan pada setiap jenjang pelayanan kesehatan.

Mulai dari tingkat Puskesmas, Rumah Sakit, Kabupaten/Kota, hingga tingkat Provinsi.

Enam pilar penopang transformasi kesehatan, yaitu Transformasi Layanan Primer, Transformasi Layanan Rujukan, Transformasi Sistem Ketahanan Kesehatan, Transformasi Sistem Pembiayaan Kesehatan, Transformasi SDM Kesehatan, dan Transformasi Teknologi Kesehatan, harus menjadi landasan dalam perubahan sistem kesehatan yang komprehensif.

Gubernur Arinal Djunaidi juga menekankan pentingnya pembangunan kesehatan yang berfokus pada pilar Lampung Ramah Perempuan dan Anak.

Dalam hal ini, revitalisasi layanan kesehatan khusus untuk perempuan dan anak menjadi salah satu prioritas, seiring dengan upaya pemenuhan gizi yang baik bagi anak.

Gubernur Arinal menyadari pentingnya menjaga kesehatan masyarakat sejak dini, mulai dari kandungan, bayi, balita, remaja, hingga usia lanjut.

Gubernur Arinal juga mengapresiasi jajaran tenaga kesehatan atas peran mereka sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19.

Berkat kerja keras mereka, Provinsi Lampung berhasil mengendalikan penyebaran virus dan mendapatkan pengakuan sebagai salah satu provinsi terbaik dalam pengendalian Covid-19 di tingkat nasional.

Beliau mengucapkan terima kasih kepada seluruh tenaga kesehatan atas dedikasi dan komitmen yang tinggi dalam melindungi masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana, menjelaskan bahwa pada Rakerkesda ini akan dibahas enam pilar penopang transformasi sistem kesehatan.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan dan memberikan informasi mengenai kebijakan pembangunan kesehatan di daerah, mengidentifikasi permasalahan di setiap daerah terkait transformasi kesehatan, serta menyusun dokumen kesepakatan untuk rencana tindak lanjut hasil pembahasan Rakerkesnas 2023.

Dokumen tersebut akan menjadi dasar dalam penyusunan rencana strategis (renstra) 2024-2029.

Acara Rakerkesda Provinsi Lampung Tahun 2023 dihadiri oleh Bupati/Walikota, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten/Kota, Kepala Puskesmas, serta perwakilan dari Tim Penggerak PKK, Bappeda, BPS, BKKBN, Dinas Sosial, Dinas PPPA, Dinas PMDT, dan BPJS Kesehatan.

Selain itu, hadir pula narasumber dari Kementerian Kesehatan, seperti Direktur Pelayanan Kesehatan Primer, Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Hukum Kesehatan, dan Staf Khusus Menteri Kesehatan Bidang Pelayanan Kesehatan Masyarakat.

Materi yang disampaikan mencakup kebijakan transformasi sistem kesehatan, rencana pembangunan Provinsi Lampung Tahun 2024-2029, tinjauan kinerja pembangunan kesehatan, dan implementasi transformasi kesehatan di Provinsi Lampung.

Diharapkan melalui Rakerkesda ini, sinergi antara pemerintah dan stakeholder kesehatan di Provinsi Lampung semakin diperkuat, sehingga terwujud pelayanan kesehatan yang optimal dan mempercepat pembangunan kesehatan yang berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *