BERITA

Antisipasi Peningkatan Angka Kebakaran Tahun 2023: Inovasi Terkini Dinas DPKP Bandar Lampung

88
×

Antisipasi Peningkatan Angka Kebakaran Tahun 2023: Inovasi Terkini Dinas DPKP Bandar Lampung

Sebarkan artikel ini
Antisipasi Peningkatan Angka Kebakaran Tahun 2023 Inovasi Terkini Dinas DPKP Bandar Lampung
Antisipasi Peningkatan Angka Kebakaran Tahun 2023 Inovasi Terkini Dinas DPKP Bandar Lampung

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Dalam perkembangan yang mengkhawatirkan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Bandar Lampung memprediksi adanya peningkatan jumlah kasus kebakaran di wilayah tersebut pada tahun 2023.

Kepala DPKP Bandar Lampung, Anthoni Irawan, mengungkapkan bahwa prediksi ini didasarkan pada data dari tahun sebelumnya, di mana terdapat 96 kejadian kebakaran yang berhasil ditangani.

“Per tanggal awal Juli tahun 2023 ini, kami sudah menangani sebanyak 68 kebakaran,” ungkap Anthoni Irawan saat ditemui di ruang kerjanya pada hari Senin (3/7/2023).

Dalam menjawab pertanyaan terkait jumlah kendaraan pemadam kebakaran yang ideal untuk wilayah Bandar Lampung, Anthoni menjelaskan bahwa saat ini DPKP Bandar Lampung telah memiliki 19 kendaraan pemadam kebakaran yang siap digunakan, tersebar di 14 pos yang terdistribusi di 20 kecamatan di wilayah tersebut.

“Jadi, secara keseluruhan, kami memiliki 19 unit mobil pemadam kebakaran, dengan lima unit berada di Kantor DPKP. Idealnya, setiap kecamatan seharusnya memiliki satu unit kendaraan pemadam,” jelas Anthoni Irawan.

Meskipun demikian, Anthoni mengungkapkan bahwa pihaknya berencana menerima kendaraan baru yang akan diberikan oleh pemerintah pusat pada akhir tahun 2023.

Namun, terkait sumber daya manusia (SDM) yang dibutuhkan di lapangan, ia mengakui masih mengalami kekurangan.

“Saath ini, kami memiliki 138 pegawai di lapangan yang bekerja dalam tiga shift, dengan total keseluruhan sekitar 200 orang. Kami berharap bisa mendapatkan tambahan 100 pegawai di masa mendatang,” tambah Anthoni Irawan.

Selain berfokus pada upaya pemadam kebakaran, Anthoni juga menyoroti kegiatan penyelamatan hewan dan penangkapan hewan yang dapat membahayakan manusia.

Pada bulan Juli 2023 ini saja, DPKP Bandar Lampung telah menerima 182 laporan dari warga dan berhasil menangkap hewan-hewan seperti ular sanca dan piton yang dianggap berpotensi membahayakan.

Anthoni mengimbau kepada masyarakat agar selalu berhati-hati, terutama saat memasuki musim kemarau, untuk tidak membakar sampah secara sembarangan atau membuka lahan dengan cara membakar tanpa pengawasan yang memadai.

DPKP Bandar Lampung juga telah menyediakan hotline yang dapat dihubungi oleh masyarakat melalui nomor 0721252741, yang siap melayani selama 24 jam.

Masyarakat diminta untuk tidak sembarangan membakar sampah atau membuka lahan dengan cara membakar, karena hal ini dapat menimbulkan kejadian yang tidak terduga, seperti merembet ke rumah atau pemukiman.

Dianjurkan agar sampah dibuang di tempat pembuangan sampah (TPS), dan jika ingin membuka lahan dengan cara membakar, pastikan agar tetap dipantau dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *