BERITA

Simak! Lima Taktik Curang yang Sering Dipakai di Marketplace Facebook

76
×

Simak! Lima Taktik Curang yang Sering Dipakai di Marketplace Facebook

Sebarkan artikel ini
Waspada! Ini Lima Modus Penipuan yang Sering Terjadi di Marketplace Facebook
Waspada! Ini Lima Modus Penipuan yang Sering Terjadi di Marketplace Facebook

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Meskipun Facebook Marketplace dapat menjadi tempat menemukan produk menarik dengan harga miring, namun platform ini pun tak luput dari orang-orang yang ingin menipu pengguna.

Menghindari penipuan ini terkadang sulit, terutama jika pengguna tidak menyadari beberapa tanda peringatan dini.

Sabtu (20/4/2024), berikut ini lima penipuan yang umum terjadi di Facebook Marketplace yang harus diwaspadai.

  1. Barang Palsu: Pembeli Marketplace harus mewaspadai barang palsu. Jika suatu produk dijual dengan harga yang jauh lebih murah daripada biaya yang seharusnya, maka ada alasan kuat untuk merasa mencurigainya. Untuk membantu menghindari barang palsu, pengguna harus meminta nomor seri, gambar tambahan, dan bukti lainnya. Banyak barang palsu yang terlihat hampir sama dengan aslinya dan sulit dibedakan. Dalam hal ini, pastikan pengguna membeli dari seseorang yang memiliki riwayat terverifikasi, ulasan bagus, dan menjamin pesanan dengan pengembalian tanpa kerumitan.
  2. Umpan dan Peralihan: Taktik lain yang familiar bagi para penipu adalah teknik umpan dan peralihan. Pada dasarnya, penipuan ini terjadi ketika penjual memikat pengguna dengan produk berkualitas tinggi dan harga pantas, hanya untuk mengetahui bahwa produk tersebut tidak tersedia. Pada titik itulah penjual mencoba menjual produk yang berbeda kepada pengguna. Kemungkinan besar dengan harga lebih tinggi dan kualitas lebih rendah. Pada akhirnya, pengguna akan mendapatkan kesepakatan yang sama sekali tidak semenarik apa yang dibayangkan sebelumnya.
  3. Metode Pembayaran Aneh: Terkadang, penjual akan meminta pengguna membayar menggunakan metode pembayaran yang tidak biasa. Bahkan beberapa penipu mencoba mendapatkan nomor kartu pengguna. Sayangnya, jenis penipuan ini tidak memberikan jalan keluar bagi pembeli. Jadi, berhati-hatilah dalam menggunakan metode pembayaran.
  4. Pembayaran di Muka: Mengenai pembayaran, sebagai pembeli atau penjual, penting bagi pengguna untuk tidak pernah membayar dimuka atau menerima pembayaran di muka. Terutama jika pengguna berencana melakukan penjemputan lokal. Ada kemungkinan besar bahwa siapa pun yang ingin menipu sebagai pembeli tidak akan pernah muncul dengan barang tersebut dan pengguna tidak akan dapat menghubungi mereka setelahnya. Jika pengguna setuju bertemu langsung, setujui tempat umum dan pembayaran elektronik saat bertemu.
  5. Akun Palsu: Akun palsu sangat umum terjadi di Facebook dan ini memperburuk keadaan di Marketplace. Dalam kasus ini, periksa berapa lama akun tersebut ada. Jika akun penjual relatif baru, tidak menampilkan foto profil yang benar, penuh dengan kesalahan ejaan, ini adalah tanda bahaya. Pengguna juga dapat melihat profil orang tersebut untuk melihat apakah mereka memiliki data profil yang hilang, sedikit atau tidak ada teman, atau info lain yang tidak lengkap. Jika pengguna tidak mempercayai profil tersebut, jangan pernah membuat kesepakatan dengan mereka.

Itulah beberapa penipuan umum yang terjadi di Facebook Marketplace dan harus diwaspadai. Semoga tak jadi korban penipuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *