BERITA

Semarak Semangat Kemerdekaan: Pemprov Lampung dan PMI Mengadakan Kegiatan Siger Donor Darah untuk Memperingati HUT RI ke-78

156
×

Semarak Semangat Kemerdekaan: Pemprov Lampung dan PMI Mengadakan Kegiatan Siger Donor Darah untuk Memperingati HUT RI ke-78

Sebarkan artikel ini
Pemprov Lampung dan PMI Gelar Kegiatan Siger Donor Darah dalam Rangka Menyambut HUT RI ke-78
Pemprov Lampung dan PMI Gelar Kegiatan Siger Donor Darah dalam Rangka Menyambut HUT RI ke-78

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pemerintah Provinsi Lampung bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar acara yang bernilai mulia, yaitu Siger Donor Darah, sebagai bagian dari rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang ke-78.

Kegiatan ini berlangsung di Gedung Balai Keratun Ruang Abung, Kompleks Kantor Gubernur, Bandar Lampung pada hari Senin.

Sekdaprov Lampung, Fahrizal Darminto, turut berpartisipasi dalam acara tersebut dengan ikut mendonorkan darahnya.

Ini adalah bukti konkret dari komitmen Pemerintah Provinsi Lampung dalam mendukung kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat.

Kerja sama antara Pemprov Lampung dan PMI dalam program “Saatnya Ikut Bergerak Untuk Rakyat yang Membutuhkan” (Siger) terbukti menghasilkan kegiatan luar biasa ini.

Sekretaris PMI Provinsi Lampung, Fitriantita Damhuri, menjelaskan bahwa sasaran dari kegiatan Donor Darah kali ini adalah para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat di sekitar Lingkungan Kantor Pemerintah Provinsi Lampung.

Dalam upaya mencapai target yang telah ditetapkan, panitia berharap ada 200 peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Namun, antusiasme masyarakat ternyata melampaui harapan, karena sejak awal pagi, tempat-tempat tidur untuk donor darah tidak pernah sepi.

Fitri mengungkapkan, “Kami sangat berharap bahwa jumlah peserta akan melampaui target yang telah ditetapkan oleh PMI Provinsi Lampung. Antusiasme masyarakat dalam berdonor sangat mengesankan.”

Gerakan Siger Donor Darah ini merupakan gagasan dari Ketua PMI Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal.

Fitri mengungkapkan bahwa aksi berbagi tak hanya sebatas memberikan makanan atau sembako, tetapi juga setetes darah yang memiliki arti besar bagi mereka yang membutuhkan.

Menurut informasi dari aplikasi Donorku, saat ini persediaan packed red cell (PRC) atau sel darah merah di Unit Donor Darah (UDD) PMI Provinsi Lampung dalam kondisi aman.

Data menunjukkan stok sebanyak 265 PRC dengan Golongan Darah A, 351 PRC dengan Golongan Darah B, 87 PRC dengan Golongan Darah AB, dan 505 PRC dengan Golongan Darah 0.

Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung serta Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdoel Moeloek.

Kehadiran mereka semakin memperkuat makna kegiatan ini sebagai langkah nyata dalam mendukung kesejahteraan dan kemanusiaan.

Kegiatan Siger Donor Darah yang dihelat oleh Pemprov Lampung dan PMI menjadi bukti nyata bahwa semangat gotong royong dan peduli terhadap sesama terus berkobar di tengah masyarakat.

Melalui setiap tetes darah yang disumbangkan, semangat persatuan dan kesatuan dalam menyambut HUT RI ke-78 semakin terasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *