BERITA

Semarak di Bawah Laut: Klub Selam Anemon Unila dan Bendera Merah Putih Menghiasi Laut Pahawang dalam Perayaan HUT ke-78 RI

186
×

Semarak di Bawah Laut: Klub Selam Anemon Unila dan Bendera Merah Putih Menghiasi Laut Pahawang dalam Perayaan HUT ke-78 RI

Sebarkan artikel ini
Rayakan HUT ke-78 RI, Klub Selam Anemon Unila Kolaborasi Kibarkan Bendera Merah Putih di Laut Pahawang
Rayakan HUT ke-78 RI, Klub Selam Anemon Unila Kolaborasi Kibarkan Bendera Merah Putih di Laut Pahawang

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Klub Selam Anemon Fakultas MIPA Universitas Lampung (Unila) telah menyatukan tenaga dengan Mahasiswa Raden Intan Pencinta Alam (Maharipal) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL), Unit Selam Institut Teknologi Sumatera (Itera), dan masyarakat Dusun Kalangan Pulau Pahawang, dalam sebuah upacara yang menginspirasi.

Mereka mengibarkan bendera merah putih di bawah permukaan laut sebagai bagian dari peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia, sebuah kolaborasi yang berlangsung pada 16-17 Agustus 2023 di Desa Pulau Pahawang, Pesawaran, Lampung.

Selama dua hari berlangsungnya kegiatan ini, peserta meramaikan acara dengan berbagai perlombaan, termasuk lomba estafet air, tarik tambang, futsal sarung, futsal daster, lomba adzan, dan lomba berenang.

Di tengah semangat persaingan, semangat persatuan dan cinta tanah air tetap terasa kuat.

Pada tanggal 17 Agustus 2023, sebuah upacara bendera merah putih di lapangan dilaksanakan bersama masyarakat dan mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) dari berbagai kampus di bawah naungan Kementerian Agama, seperti Metro, Nanggroe Aceh, Jambi, Sumsel, Bengkulu, dan lainnya.

Ini adalah momen bersejarah yang mengingatkan semua orang akan makna kemerdekaan dan persatuan dalam perbedaan.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih di bawah laut oleh 15 orang dari Klub Selam Anemon Unila, Maharipal UIN RIL, Unit Selam Itera, dan masyarakat Pulau Pahawang.

Pengibaran bendera merah putih di dalam laut ini menjadi simbol kesungguhan untuk menjaga keindahan alam bawah laut Indonesia.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FMIPA Unila, Dr. rer. nat. Roniyus Marjunus, M.Si, mengungkapkan kebanggaannya terhadap kegiatan ini dan berharap bahwa selain merayakan HUT RI, kegiatan ini juga dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk menjaga alam dan lingkungan.

Roniyus Marjunus juga mengatakan, “Selain melakukan transplantasi 16 rak dengan 150 coral, kami berharap akan ada kegiatan konservasi yang diadakan oleh masyarakat sekitar juga.”

Kepala Desa Pulau Pahawang, Ahmad Salim, memberikan apresiasi kepada Klub Selam Anemon Unila atas inisiatif mereka.

Menurutnya, acara ini telah berhasil mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga alam bawah laut, terutama terumbu karang di sekitar Pulau Pahawang.

Ia juga menekankan bahwa momen pengibaran bendera merah putih di bawah laut bukan hanya seremoni kemerdekaan RI, tetapi juga sebuah pengingat bagi generasi muda Pulau Pahawang tentang pentingnya pelestarian alam.

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan tokoh pemuda Pulau Pahawang mengucapkan terimakasih atas pelaksanaan kegiatan ini dan berharap bahwa kegiatan semacam ini dapat ditingkatkan di masa depan.

Rangkaian kegiatan kolaborasi ditutup dengan acara puncak berupa perlombaan panjat pinang yang diikuti oleh warga setempat.

Dengan semangat kebersamaan dan cinta akan tanah air, acara ini telah memperkuat rasa persatuan dan semangat nasionalisme di antara peserta dan masyarakat Pulau Pahawang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *