BERITA

Sejarah Tertulis! Mensesneg Resmikan Era Baru: PLN Revitalisasi Kelistrikan di Istana Kepresidenan Jakarta Setelah 63 Tahun Berlalu Sejak Zaman Bung Karno

154
×

Sejarah Tertulis! Mensesneg Resmikan Era Baru: PLN Revitalisasi Kelistrikan di Istana Kepresidenan Jakarta Setelah 63 Tahun Berlalu Sejak Zaman Bung Karno

Sebarkan artikel ini
Sejarah Baru, Mensesneg Resmikan Revitalisasi Kelistrikan PLN di Istana Kepresidenan Jakarta Setelah 63 Tahun Sejak Zaman Bung Karno
Sejarah Baru, Mensesneg Resmikan Revitalisasi Kelistrikan PLN di Istana Kepresidenan Jakarta Setelah 63 Tahun Sejak Zaman Bung Karno

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, momentum bersejarah tercipta ketika Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, meresmikan hasil revitalisasi kelistrikan di Istana Kepresidenan Jakarta yang dilakukan oleh PT PLN (Persero) pada Selasa (1/8/2023).

Proyek revitalisasi ini menandai peristiwa penting karena merupakan perbaikan signifikan pertama kali sejak renovasi terakhir pada zaman Pemerintahan Presiden Soekarno tahun 1960.

PLN, sebagai operator utama sistem kelistrikan nasional, telah melakukan penguatan sistem dan restrukturisasi infrastruktur kelistrikan di kompleks Istana Kepresidenan.

Teknologi paling modern diimplementasikan untuk mencapai hasil yang lebih andal, stabil, dan ramah lingkungan.

Acara peresmian dihadiri oleh pejabat penting, termasuk Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Setya Utama, Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Kemensetneg, Rika Kiswardani, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN, Tedi Bharata, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jisman P. Hutajulu, Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, serta jajaran Komisaris dan Direksi PLN.

Pratikno, dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi kepada PLN atas keberhasilan merevitalisasi infrastruktur kelistrikan Istana Kepresidenan Jakarta dengan teknologi terkini.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh keluarga besar PLN dan BUMN yang terlibat dalam proyek ini.

Lebih jauh, Pratikno menegaskan bahwa revitalisasi ini sangat penting karena mencerminkan reputasi Indonesia di mata internasional.

Mengingat kompleks Istana Kepresidenan Jakarta berfungsi sebagai tempat penyimpanan dokumen penting dan karya seni berharga, faktor keamanan dan ketahanan infrastruktur menjadi krusial.

Dengan menjadikan sebagian infrastruktur kelistrikan tertanam di bawah tanah, kompleks ini menjadi lebih aman dan estetika bangunan tetap terjaga.

Dia juga mengumumkan bahwa keberhasilan revitalisasi kelistrikan di Istana Kepresidenan Jakarta akan dijadikan prototipe untuk pengembangan sistem kelistrikan di tempat-tempat vital lainnya, termasuk Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menjelaskan bahwa sebelum revitalisasi, sistem kelistrikan di Istana Kepresidenan rentan gangguan karena masih dioperasikan secara manual dan belum memiliki sistem cadangan yang memadai.

Melalui proyek ini, PLN telah menghadirkan sistem pasokan berlapis dengan menggunakan teknologi trafo ‘green’ tanpa minyak dan UPS anti-kedip yang mampu memenuhi 100% kebutuhan listrik Istana.

Selain itu, genset dengan teknologi terbaru juga disiapkan untuk menjamin pasokan listrik jika diperlukan.

Selain merevitalisasi sistem kelistrikan, PLN juga melakukan perombakan infrastruktur kelistrikan Istana Kepresidenan yang sebelumnya terpecah dan tua.

Dengan pendekatan modern berbasis teknologi, infrastruktur tersebut telah dikelompokkan menjadi satu sistem terintegrasi yang terletak di bawah tanah, dikelilingi oleh taman yang asri.

Darmawan menekankan bahwa PLN juga berhasil memodernisasi teknologi kelistrikan di kompleks ini, menggantikan sistem manual dengan sistem cerdas berbasis kecerdasan buatan (AI).

Dengan sistem kontrol yang mandiri dan otomatis, keamanan dan keandalan kelistrikan Istana Kepresidenan Jakarta menjadi yang terdepan di seluruh Indonesia.

Peresmian revitalisasi kelistrikan di Istana Kepresidenan Jakarta ini menjadi langkah penting dalam menghadapi tantangan masa depan yang semakin kompleks.

Sebagai tonggak awal, teknologi dan pengalaman yang diperoleh akan diaplikasikan untuk memajukan sistem kelistrikan di tempat-tempat strategis lainnya, semakin memperkuat daya saing dan reputasi Indonesia di tingkat internasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *