BERITA

RSUDAM Lampung Berkomitmen Tingkatkan Kesiapan dengan 15 Kamar Isolasi Pelayanan Pinere

179
×

RSUDAM Lampung Berkomitmen Tingkatkan Kesiapan dengan 15 Kamar Isolasi Pelayanan Pinere

Sebarkan artikel ini
Antisipasi Pandemi, RSUDAM Lampung Bangun Ruang Isolasi Pelayanan Pinere Berkapasitas 15 Kamar
Antisipasi Pandemi, RSUDAM Lampung Bangun Ruang Isolasi Pelayanan Pinere Berkapasitas 15 Kamar

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) Provinsi Lampung sedang giat membangun sebuah ruang isolasi khusus untuk menangani penyakit infeksi new emerging dan re-emerging (Pinere) dengan kapasitas sebanyak 15 tempat tidur.

Direktur Utama RSUDAM Lampung, Lukman Pura, mengungkapkan bahwa pembangunan ruang isolasi ini dilakukan dengan memanfaatkan anggaran Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) tahun 2023.

Proyek ini dijadwalkan selesai pada bulan Desember 2023 dan direncanakan akan diresmikan oleh Gubernur Lampung.

Lukman Pura menjelaskan bahwa pembangunan ruang Pinere ini melibatkan alih fungsi dari Ruang Paviliun Betik Hati yang sudah ada.

Proses ini mematuhi standar dan ketentuan tertentu yang diperlukan untuk penanganan penyakit infeksi new emerging dan re-emerging.

Ruang Pinere ini telah ditentukan oleh pemerintah sebagai fasilitas khusus untuk menghadapi situasi penyakit yang dapat muncul secara tiba-tiba.

Fasilitas ini harus memenuhi standar ketat untuk memastikan penanganan yang efektif.

Lukman Pura juga menekankan pentingnya proyek ini dalam mengantisipasi kondisi pandemi di masa mendatang, berdasarkan pengalaman dari pandemi Covid-19 sebelumnya.

Pembangunan ruang Pinere ini dilakukan sesuai dengan arahan dari Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Kementerian Kesehatan RI, yang memandang pentingnya kesiapan untuk menghadapi penyakit-penyakit yang dapat muncul secara tiba-tiba.

Sebagai rumah sakit rujukan nasional, RSUDAM Lampung berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas ruang isolasi Pinere dengan menyediakan 15 tempat tidur.

Hal ini merupakan wujud dari kerja sama yang kuat dalam menjaga kesiapan RSUDAM Lampung dalam menghadapi tantangan penyakit-penyakit baru yang muncul.

Penyakit new emerging adalah penyakit yang disebabkan oleh munculnya organisme baru, dan seringkali dampaknya sulit diprediksi.

Ahli juga membagi penyakit infeksi emerging menjadi tiga kelompok, yaitu virus emerging, bakteri emerging, dan penyakit paralitik emerging. Kasus Covid-19 adalah salah satu contoh penyakit yang termasuk dalam kategori ini.

Ruang Pinere ini dilengkapi dengan fasilitas khusus seperti ventilator dan sistem tekanan negatif untuk mencegah penyebaran virus.

Para petugas medis yang merawat pasien di ruang ini harus memakai alat pelindung diri (APD) level tiga, dan kunjungan keluarga terbatas serta seringkali harus dilakukan melalui kaca atau video call.

Dengan adanya ruang isolasi Pinere yang telah dibangun, RSUDAM Lampung berada dalam posisi yang lebih siap untuk menghadapi penyakit-penyakit yang dapat muncul secara tiba-tiba dan memastikan penanganan yang efektif bagi pasien yang membutuhkan perawatan intensif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *