BERITA

RSUD Abdul Moeloek dan RSAB Harapan Kita Mengukuhkan Kemitraan untuk Menyelenggarakan Program Pendidikan Dokter Spesialis Anak

20
×

RSUD Abdul Moeloek dan RSAB Harapan Kita Mengukuhkan Kemitraan untuk Menyelenggarakan Program Pendidikan Dokter Spesialis Anak

Sebarkan artikel ini
RSUD Abdul Moeloek dan RSAB Harapan Kita Jalin Kerjasaman dirikan Program Pendidikan Dokter Spesialis Anak
RSUD Abdul Moeloek dan RSAB Harapan Kita Jalin Kerjasaman dirikan Program Pendidikan Dokter Spesialis Anak

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Moeloek Provinsi Lampung terus memperkuat fasilitas kesehatannya dengan melibatkan Rumah Sakit Anak dan Bunda (RSAB) Harapan Kita dalam proses kerjasama yang sedang digodok.

Kerjasama ini diarahkan untuk mendirikan Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) di bidang anak. Direktur RSUD Abdul Moeloek, dr. Lukman Pura, Sp.PD., K-GH., MHSM, FINASIM, menjelaskan bahwa kerjasama tersebut memiliki tujuan utama untuk mendirikan program pendidikan dokter spesialis anak.

“Dengan kerjasama ini, kami berharap dapat mengembangkan sumber daya manusia (SDM) di bidang kesehatan dan mempercepat transformasi kesehatan, terutama dalam penyediaan tenaga spesialis,” ujar Lukman pada Senin (25/3/2024).

RSUD Abdul Moeloek akan menjadi salah satu bagian dari jaringan pendidikan dokter spesialis anak yang berbasis rumah sakit.

Lukman menambahkan, “Kami akan terlibat dalam jaringan pendidikan spesialis anak, termasuk kebidanan. Namun, untuk program kebidanan, sudah berjalan sebelumnya.”

Lukman juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Kesehatan atas penunjukan RSUD Abdul Moeloek sebagai bagian dari jaringan pendidikan dokter spesialis anak.

“Kami merasa dihormati atas penunjukan ini. Dalam dua hingga tiga tahun mendatang, kami akan menjadi rumah sakit pendidik sendiri. Kami akan menjadi bagian dari Rumah Sakit Penyelenggaraan Pendidikan Utama Anak,” katanya.

Kerjasama ini direncanakan akan diwujudkan pada bulan Juli 2024 melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU).

“Kami akan segera melaporkan kepada Pemerintah Provinsi Lampung bahwa ini merupakan kemajuan yang signifikan bagi kami,” jelasnya.

Menurut Lukman, mahasiswa dokter spesialis anak akan mendaftar melalui Kementerian Kesehatan dan menjalani pendidikan di RSAB Harapan Kita, dengan adanya pertukaran residen yang magang di RSUD Abdul Moeloek.

“Kemudian, akan ada pertukaran atau pengiriman residen yang magang di RSUD Abdul Moeloek. Nantinya, dokter yang melalui pendidikan akan memiliki kebebasan untuk mengikuti program tersebut,” tambahnya.

RSUD Abdul Moeloek di bawah kepemimpinan Gubernur Arinal mendapat apresiasi sebagai salah satu penyelenggara program strategis di Provinsi Lampung dan juga sebagai lokasi pendidikan dokter spesialis.

Kedepannya, RSUD Abdul Moeloek juga akan mengembangkan pendidikan spesialis dalam bidang lain seperti penyakit dalam, anestesi, bedah, dan lainnya.

“Kami juga akan mengembangkan program spesialis lain seperti penyakit dalam, anestesi, bedah, dan bidang lainnya,” terang Lukman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *