BERITA

Rahasia Merawat Suspensi Motor Trail: Tips Terbaik untuk Para Pecinta Off-road!

138
×

Rahasia Merawat Suspensi Motor Trail: Tips Terbaik untuk Para Pecinta Off-road!

Sebarkan artikel ini
Pecinta Motor Trail, Simak Tips untuk Merawat Suspensi Motor
Pecinta Motor Trail, Simak Tips untuk Merawat Suspensi Motor

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pemilik adventure bike atau motor trail tentu paham betapa pentingnya merawat suspensi setelah melakukan trabasan.

Suspensi yang tidak mendapatkan perhatian yang baik dapat mengalami kerusakan serius.

Bekti Mashuri, Kepala Mekanik Honda Raden Intan, memberikan insight berharga mengenai perawatan suspensi motor trail setelah melibas medan off-road yang menantang.

1. Bersihkan Motor Secara Teliti

Langkah pertama setelah trabasan adalah membersihkan motor secara teliti.

Kotoran yang menempel pada motor trail dapat menjadi penyebab utama kerusakan pada suspensi.

Bekti menekankan untuk tidak membiarkan kotoran mengering terlalu lama, terutama pada bagian pipa slidernya. Kotoran yang mengering bisa meninggalkan residu yang berpotensi merusak suspensi.

“Jangan biarkan kotorannya mengering terlalu lama, terutama di bagian pipa slidernya, itu akan meninggalkan residu,” ungkap Bekti Mashuri di Bengkel Ahass Raden Intan.

2. Hindari Kerusakan Seal pada Suspensi

Bekti menjelaskan bahwa residu yang tidak dibersihkan dapat menyebabkan kerusakan pada seal suspensi motor trail. “Kalau seal terkikis, oli suspensi motor bakal bocor,” ujarnya.

Oleh karena itu, pemilik adventure bike disarankan untuk rajin membersihkan motor trail mereka setelah digunakan melibas medan off-road.

3. Ganti Oli Suspensi Sesuai Pedoman

Langkah kedua yang tak kalah penting adalah melakukan perawatan suspensi sesuai dengan buku pedoman. Salah satu aspek yang perlu diperhatikan adalah penggantian oli suspensi.

Bekti Mashuri menyarankan untuk mengganti oli suspensi setiap tiga tahun sekali. Namun, bagi yang sering melakukan kegiatan off-road, penggantian oli sebaiknya dilakukan setiap tahun.

“Penggantian oli suspensi motor setiap tiga tahun sekali. Tapi kalau sering dipakai main off-road, setahun sekali perlu diganti,” tambah Bekti.

Dengan perawatan yang tepat, pemilik adventure bike dapat memastikan bahwa suspensi motor trail tetap dalam kondisi optimal, memberikan performa terbaik, dan tahan lama meskipun sering digunakan melibas medan off-road yang menantang.

Jadi, jangan lupa memberikan perhatian ekstra pada suspensi motor trail Anda setelah setiap petualangan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *