BERITA

Prestasi Kolaboratif: Apresiasi Wali Kota Metro untuk Sinergi IIB Darmajaya, IFI, dan Warung France Jakarta

48
×

Prestasi Kolaboratif: Apresiasi Wali Kota Metro untuk Sinergi IIB Darmajaya, IFI, dan Warung France Jakarta

Sebarkan artikel ini
Wali Kota Metro Puji Kolaborasi IIB Darmajaya, IFI dan Warung France Jakarta
Wali Kota Metro Puji Kolaborasi IIB Darmajaya, IFI dan Warung France Jakarta

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada Selasa, 26 November 2023, Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menjalin kolaborasi yang menarik dengan Institut Francais Indonesia (IFI) dan Warung France Jakarta.

Bersama-sama, ketiganya menggelar Workshop Budaya, Pendidikan, dan Peluang Kerja di Prancis di Kantor Wali Kota Metro.

Workshop ini dihadiri oleh pelajar SMA/SMK, mahasiswa, dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Metro. Para narasumber yang hadir meliputi Perwakilan IFI, Ryan Renaldi; Koordinator Warung France Jakarta, Nur Fitria; Kepala UPT International Office IIB Darmajaya, Rahmalia Syahputri; dan Alumni Penerima Beasiswa dari Prancis, Rudi Natamiharja.

Rahmalia Syahputri membuka sesi dengan memberikan pengenalan tentang budaya Prancis, sambil menginformasikan tentang kesempatan belajar bahasa Prancis di IIB Darmajaya.

“IIB Darmajaya memiliki study club, salah satunya belajar bahasa Prancis secara gratis dan terbuka untuk siapa pun,” ujarnya, seperti yang dikutip dari situs resmi kampus, https://darmajaya.ac.id.

Ryan Renaldi kemudian memperkenalkan IFI dan membahas peluang kerjasama bagi instansi atau perguruan tinggi yang berminat.

Sementara itu, Nur Fitria memberikan penjelasan mendalam mengenai rincian biaya studi di perguruan tinggi negeri (PTN) atau perguruan tinggi swasta (PTS) di Prancis, termasuk informasi tentang beasiswa yang tersedia untuk mahasiswa internasional, termasuk dari Indonesia.

Rudi Natamiharja, selaku Alumni Penerima Beasiswa dari Prancis, berbagi pengalaman tentang awal mendapatkan beasiswa unggulan dari Pemerintah Prancis.

Dia juga memberikan gambaran mengenai pengalaman studi di PTN di Prancis. Wali Kota Metro, dr. Wahdi Sirajuddin, Sp.OG. (K), menyampaikan harapannya agar warganya dapat memiliki kesempatan untuk belajar di Prancis.

“Kota Metro sebagai Kota Pendidikan memiliki peluang kerjasama yang luas, sehingga warganya dapat mengejar studi di Prancis,” ungkapnya.

Dr. Wahdi juga menyatakan rasa bangga Pemerintah Kota Metro dapat membawa pemikiran-pemikiran hebat yang memperhatikan pendidikan anak bangsa.

“Kita berharap anak-anak Metro dapat mengejar studi di Prancis,” tambahnya dengan penuh harap.

Dia juga menyampaikan apresiasi kepada Atase Kerjasama Antar-Universitas Pemerintah Prancis di Indonesia, Antoine Bricout, yang ikut serta dalam acara secara daring dari Jakarta.

Kolaborasi ini diharapkan membuka pintu peluang baru bagi warga Kota Metro untuk mengejar pendidikan di Prancis.