BERITA

Polinela Menggelar BTP EXPO 2024: Membangun Sinergi Antara Dunia Akademis dan Industri untuk Kemajuan Pertanian

69
×

Polinela Menggelar BTP EXPO 2024: Membangun Sinergi Antara Dunia Akademis dan Industri untuk Kemajuan Pertanian

Sebarkan artikel ini
Polinela Gelar BTP EXPO 2024 Sinergi Akademisi dan Industri untuk Kemajuan Pertanian
Polinela Gelar BTP EXPO 2024 Sinergi Akademisi dan Industri untuk Kemajuan Pertanian

Media90 – Politeknik Negeri Lampung (Polinela) melalui Jurusan Budidaya Tanaman Pangan (BTP) menggelar acara BTP EXPO 2024 di Gedung Serba Guna Kampus Polinela, pada Rabu (12/6/2024).

Acara ini dibuka oleh Direktur Polinela, Prof. Dr. Ir. Sarono, M.Si., dan dihadiri oleh Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D., mantan Dirjen Vokasi 2020-2022, yang bertindak sebagai narasumber utama.

Prof. Sarono menyampaikan rasa bangganya atas penyelenggaraan BTP EXPO 2024, berharap acara ini dapat menjadi inspirasi bagi jurusan lain di Polinela.

“Dalam usia ke-40 tahun, Polinela telah mengalami banyak perkembangan. Saat ini, Polinela memiliki 38 program studi dan delapan jurusan, termasuk 22 program studi jenjang S1 Terapan,” ujarnya.

Baca Juga:  Strategi Pemprov Lampung: Tanam Cabai 100 Hektare di Sukoharjo Pringsewu untuk Stabilkan Harga, Antisipasi Panen Raya April

Lebih lanjut, Prof. Sarono menekankan komitmen Polinela dalam mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pertanian.

“Kerjasama ini sangat penting untuk penelitian dan pengembangan ilmu, khususnya di bidang pertanian. Polinela akan terus bekerjasama dengan berbagai mitra dari dunia usaha dan industri,” tambahnya.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Fajar Rochman, S.P., M.P., menyampaikan antusiasmenya terhadap acara ini yang bertujuan memperkenalkan inovasi dan teknologi terbaru dalam budidaya tanaman pangan.

“Acara ini memperkenalkan hasil pengolahan dari Teaching Factory (Tefa) serta memberikan edukasi kepada mahasiswa untuk mengembangkan softskill dalam mempromosikan produk mereka,” kata Fajar.

Ketua Jurusan Budidaya Tanaman Pangan, Dr. Desi Maulida, S.P., M.Si., dalam sambutannya menekankan pentingnya kolaborasi antara dunia akademik dan industri untuk kemajuan sektor pertanian.

“Produk yang kami tampilkan adalah hasil dari Tefa, yang merupakan bagian dari pembelajaran mahasiswa. Banyak produk inovatif lainnya yang juga dipamerkan di sini,” jelas Desi.

Baca Juga:  Sekretaris Prodi Bisnis Digital Sukses Menyelesaikan Pelatihan "Asisten Pengajar" Training of Trainer DEA BPPTIK Kemenkominfo RI

Salah satu momen penting dalam BTP EXPO 2024 adalah penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Jurusan BTP Polinela dan PT. Ghalli Roelies Indonesia (PT. GRI).

Penandatanganan ini diwakili oleh Prof. Dr. Ir. Sarono, M.Si. (Direktur Polinela), Khairullah, KM. S.T., MMP. (Direktur Utama PT. GRI), Prof. Dr. Ir. Wan Abbas Zakaria, M.S., dan Dr. Ir. Sutikno, M.Sc.

Acara ini juga menampilkan talk show bertema “Bridging the Path To the Future” yang memberikan kesempatan kepada peserta untuk berdiskusi langsung dengan narasumber.

Selain itu, sesi talk show bersama mitra industri juga diselenggarakan, dipandu oleh Mustika Adzania Lestari, S.P., M.Si.

Baca Juga:  Perpustakaan Daerah Lampung Gencar Tingkatkan Indeks Literasi Lokal yang Tertinggal dari Rata-Rata Nasional

Sesi ini dihadiri oleh perwakilan dari berbagai perusahaan besar di bidang pertanian, seperti PT. BISI Internasional, PT. Dharma Guna Wibawa, PT. Syngenta Indonesia, dan PT. Great Giant Foods.

BTP EXPO 2024 bukan hanya menjadi ajang pameran dan diskusi, tetapi juga menjadi platform untuk mempererat kerjasama antara akademisi dan praktisi industri, demi kemajuan sektor budidaya tanaman pangan di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *