BERITA

Peran Gubernur dalam Sidang Terbuka ITERA: Mendorong KKN Gabungan Tiga Universitas di Lampung

124
×

Peran Gubernur dalam Sidang Terbuka ITERA: Mendorong KKN Gabungan Tiga Universitas di Lampung

Sebarkan artikel ini
Gubernur Hadiri Sidang Terbuka ITERA, Gagas KKN Gabungan Tiga Universitas di Lampung
Gubernur Hadiri Sidang Terbuka ITERA, Gagas KKN Gabungan Tiga Universitas di Lampung

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Hari ini, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menghadiri Sidang Terbuka dalam rangka merayakan Dies Natalis ke-9 Institut Teknologi Sumatera (Itera) yang diselenggarakan di Aula Kampus Itera.

Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Rektor Itera, Wakil Rektor, Ketua Senat, dan tamu-tamu terhormat.

Dalam sambutannya, Gubernur Arinal Djunaidi menyampaikan gagasan yang menginspirasi untuk meningkatkan pemberdayaan daerah melalui penggabungan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari tiga universitas terkemuka di Lampung, yaitu Universitas Lampung, Institut Teknologi Sumatera, dan UIN Raden Inten Lampung.

Menurut Gubernur Arinal, kolaborasi ini akan memungkinkan analisis yang lebih cepat terkait kebutuhan, kekurangan, dan potensi daerah yang dipilih untuk pelaksanaan KKN gabungan.

Dengan adanya kerjasama tiga universitas ini, diharapkan akan mempercepat perkembangan daerah tersebut menjadi pusat pengembangan yang makin maju.

Selain itu, Gubernur Arinal juga memberikan ucapan selamat atas Dies Natalis ke-9 kepada seluruh keluarga besar Itera, dengan mengapresiasi kontribusi besar yang telah diberikan oleh mahasiswa, dosen, staf, dan alumni Itera dalam membangun reputasi dan prestasi kampus tersebut.

Gubernur Arinal melihat kegiatan ini sebagai peluang inspiratif untuk menggabungkan pemikiran dan visi bersama dalam mencapai keunggulan berkelanjutan bagi Itera dan dampak positifnya terhadap kemajuan Provinsi Lampung.

Gubernur juga mengingatkan akan pentingnya persiapan menyambut Bonus Demografi yang akan mencapai puncaknya pada tahun 2034 di Provinsi Lampung, di mana pertumbuhan penduduk usia produktif memerlukan kompetensi yang mumpuni.

Gubernur Arinal menekankan peran Itera dalam membangun karakter, pengetahuan, dan keterampilan generasi muda di Provinsi Lampung.

Dia juga mendorong seluruh mahasiswa untuk memberikan kontribusi dalam mengembangkan potensi di daerah masing-masing setelah lulus, sehingga terjadi pemerataan kemajuan di seluruh wilayah Provinsi Lampung.

Acara Sidang Terbuka Itera ini dibuka oleh Rektor Itera, Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha, yang mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung perkembangan Itera.

I Nyoman berharap Itera dapat menjadi pusat kontribusi positif bagi Provinsi Lampung.

Pada acara tersebut, Gubernur Lampung, Rektor Itera, Wakil Rektor, dan Ketua Senat Insititut Teknologi Sumatera memberikan penghargaan kepada berbagai individu yang telah berkontribusi signifikan dalam bidang ilmu pengetahuan dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

Penghargaan Itera Adi Karsa Madya tahun 2023 diberikan kepada Direktur Jenderal Cipta Karya, Diana Kusumastuti, sementara penghargaan Itera Adi Karsa Pratama diberikan kepada Sekretaris Direktorat Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi John Hendri.

Selanjutnya, penghargaan Itera Adi Yasa Mahatma tahun 2023 diberikan kepada Prof. Dr. Irawati, M.S, Ir. Hadwi Soendjojo, dan Drs. Mustamar.

Penghargaan Purnabakti tahun 2023 diberikan kepada individu-individu seperti Ir. Eko Purwono, Msas., Dr. Ir. Irdam Adil, M.T., Dr. Ir. Endang Setiawati, M.T.

Selain itu, Itera juga memberikan penghargaan Adi Nayaka Tahun 2023 kepada Eko Feri K., S.Si., Setyan Widi Y., SE., dan M. Aditya Harliyanto, SP., serta Penghargaan Cendekia Utama Tahun 2023 kepada Dr. Abdul Rajak, S.Pd., M.Si., Dr. Rendy Perdana K., S.Pd, M. Eng., dan Andre Febrianto, S.Kom., M.Eng.

Acara ini juga menjadi momentum peluncuran buku tahunan Rektor Itera yang akan menjadi sumber inspirasi dan wawasan bagi mahasiswa dan seluruh civitas akademika Itera.

Turut hadir dalam acara ini Direktur Sistem dan Strategi Penyelenggaraan Infrastruktur Permukiman, Pandu Gunadi Atmosukarto S.T., MUM., Anggota Forkopimda Provinsi Lampung, Bupati/Walikota se-Provinsi Lampung, serta pimpinan perguruan tinggi negeri dan swasta di Provinsi Lampung, beserta para civitas akademika Institut Teknologi Sumatera.

Acara ini menjadi momen yang sangat penting untuk merayakan pencapaian Itera selama sembilan tahun dan sebagai wadah bagi pemikiran dan kolaborasi untuk masa depan yang lebih cemerlang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *