BERITA

Polinela: Mendorong Gerakan 1000 Biopori untuk Konservasi Lingkungan

58
×

Polinela: Mendorong Gerakan 1000 Biopori untuk Konservasi Lingkungan

Sebarkan artikel ini
Lestarikan Lingkungan, Polinela Galakan Gerakan 1000 Biopori
Lestarikan Lingkungan, Polinela Galakan Gerakan 1000 Biopori

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Politeknik Negeri Lampung (Polinela) telah menunjukkan komitmennya untuk mendukung pelestarian lingkungan dan memperkenalkan teknologi yang ramah lingkungan kepada masyarakat luas.

Salah satu inisiatif luar biasa yang telah mereka lakukan adalah Gerakan 1000 Biopori.

Gerakan 1000 Biopori Polinela merupakan bagian dari program sosial yang diinisiasi oleh Program Studi Teknologi Produksi Tanaman Pangan (TPTP).

Tujuan dari gerakan ini adalah untuk menunjukkan kepedulian terhadap keberlanjutan lingkungan hidup.

Mahasiswa semester I, II, V, serta dosen dari Prodi TPTP Polinela aktif terlibat dalam menggali dan membuat biopori sebanyak 1000 lubang di sekitar kampus dan beberapa wilayah sekitarnya.

Kegiatan ini diberi tema “Teknologi Produksi Tanaman Pangan Peduli Lingkungan” dan mendapat sambutan dari Direktur Polinela, Prof. Dr. Ir. Sarono, M.Si. Prof. Sarono menyampaikan pentingnya menjaga keberlanjutan lingkungan dan peran mahasiswa dalam menjaga ekosistem yang sehat.

“Kami sangat bangga melihat semangat dan dedikasi mahasiswa Polinela, khususnya Program Studi Teknologi Produksi Tanaman Pangan, dalam mengambil inisiatif untuk mendukung kelestarian lingkungan,” ujar Prof. Sarono.

Biopori adalah lubang berdiameter sekitar 10-15 cm yang digali secara vertikal ke dalam tanah.

Lubang ini memiliki beberapa manfaat, seperti pengolahan limbah organik, peningkatan penyusupan air ke dalam tanah, serta perbaikan struktur dan kualitas tanah.

Dengan mengadopsi teknologi ini, diharapkan dapat mengurangi masalah banjir, erosi tanah, serta meningkatkan kesuburan tanah.

Koordinator Program Studi TPTP Polinela, Dr. Dulbari, S.P., M.Si., menjelaskan bahwa kegiatan ini juga merupakan bagian dari upaya Polinela dalam mendukung program pemerintah terkait pelestarian lingkungan.

“Kami berharap Gerakan 1000 Biopori Polinela ini dapat menginspirasi masyarakat sekitar untuk ikut serta dalam menjaga kebersihan lingkungan dan merawat tanah yang menjadi sumber kehidupan kita,” ujarnya.

Selain menggali biopori, mahasiswa Program Studi TPTP Polinela juga memberikan sosialisasi tentang pentingnya penggunaan teknologi produksi tanaman pangan yang berkelanjutan.

Mereka juga membagikan pengetahuan tentang praktik pertanian organik, pengelolaan limbah organik, dan penggunaan pupuk kompos untuk meningkatkan hasil pertanian tanpa merusak lingkungan.

Diharapkan, Gerakan 1000 Biopori Polinela ini tidak hanya menjadi kegiatan sekali waktu, tetapi juga menjadi awal dari kesadaran bersama untuk menjaga keberlanjutan lingkungan.

Polinela telah menunjukkan bahwa mereka siap berperan aktif dalam pelestarian lingkungan dan berbagi pengetahuan positif kepada masyarakat untuk menciptakan masa depan yang lebih hijau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *