BERITA

PLN Menggelar Pelatihan Konversi Motor Listrik untuk Pelajar SMK dan Pegawai Bengkel di Lampung Utara

46
×

PLN Menggelar Pelatihan Konversi Motor Listrik untuk Pelajar SMK dan Pegawai Bengkel di Lampung Utara

Sebarkan artikel ini
PLN Latih Konversi Motor Listrik ke Pelajar SMK dan Pegawai Bengkel di Lampung Utara
PLN Latih Konversi Motor Listrik ke Pelajar SMK dan Pegawai Bengkel di Lampung Utara

Media90 – PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Lampung menggelar pelatihan konversi motor listrik kepada pelajar di enam SMK dan dua bengkel motor di Lampung Utara, yang masuk dalam wilayah kerja PLN UP3 Kotabumi melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL).

Keenam sekolah tersebut antara lain SMKN 2 Kotabumi, SMK Dinamika, SMKN 1 Bukit Kemuning, SMK YP 17 Baradatu, SMKN 1 Abung Surakarta, dan SMKN 3 Kotabumi yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan pelatihan ini.

Selain itu, PLN juga mengundang Bengkel Anugrah Motor dan Bengkel Vespa Clinic Kotabumi (Vecko) untuk turut menjadi peserta.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMKN 3 Kotabumi, Bagus Purlita Pujakesuma mengatakan, pihaknya mengapresiasi program TJSL yang dijalankan untuk memacu ekosistem kendaraan listrik berbasis baterai (KLBB) khususnya di kalangan institusi Pendidikan.

“Merupakan kehormatan bagi kami, SMKN 3 Kotabumi dapat menjadi tuan rumah dari pelatihan konversi motor listrik ini. Sebagai institusi pendidikan, SMK tentunya memiliki peran tersendiri sebagai gerbang informasi transisi energi bagi pelajar dan seluruh akademisi yang terlibat didalamnya, sehingga harapannya dapat menularkan semangat penggunaan energi hijau dan menyebarluaskan ilmu mengenai konversi ini,” kata Bagus Purlita saat pembukaan pelatihan konversi motor listrik pada Rabu (12/6/2024).

Pada kesempatan tersebut, juga dilaksanakan penandatanganan perjanjian kerjasama antara PLN dengan seluruh SMK yang mengikuti pelatihan, mengenai penambahan kurikulum konversi motor listrik yang bertujuan untuk memfokuskan para pelajar dalam mengembangkan keilmuan mengenai motor listrik, baik dari sisi pemasangan maupun perbaikan.

“Saya mengajak dan telah disepakati oleh segenap SMK yang menjadi peserta, mari bersama komitmen untuk mengikuti dan memanfaatkan pelatihan dengan baik, serta menjadikannya sebagai kurikulum muatan lokal,” ujar Bagus Purlita.

Pelatihan ini juga merupakan kali kedua PLN menggandeng Elder’s Garage Jakarta untuk memberikan materi sekaligus penyediaan alat praktik konversi motor listrik, setelah sebelumnya diadakan pada Juli 2023 lalu.

Chief Business Elder’s Garage, Richard Andrea yang juga hadir memberikan sambutan sekaligus materi konversi menyampaikan apresiasi kepada PLN, atas komitmen dan konsistensinya menyelenggarakan pelatihan konversi motor listrik.

“Merupakan kehormatan bagi kami dapat dipercaya untuk memberikan materi mengenai konversi motor listrik, yang digagas dan difasilitasi oleh PLN selama dua tahun berturut-turut ini, besar harapan kami, seluruh peserta pelatihan ini dapat mengimplementasikan ilmu,” ungkap Richard Andrea.

Sementara itu, General Manager PLN UID Lampung, Sugeng Widodo menjelaskan, PLN memfasilitasi pelatihan ini dengan mendatangkan praktisi Elder’s Garage yang sudah menjadi bengkel konversi Grade A dan memiliki izin komersil mesin konversi motor listrik.

“Program ini digagas dengan tujuan untuk menyambut tren transisi energi dari penggunaan bahan bakar fosil ke energi listrik, dimana kami percaya bahwa generasi muda seperti pelajar SMK dan pelaku usaha bengkel, perlu dibekali pengetahuan mengenai motor listrik, terkhusus kemampuan untuk mengkonversi mesin motor,” jelas Sugeng Widodo.

Selain pemberian fasilitas narasumber, konversi kit berupa unit motor, mesin konversi serta spare part pendukung yang didatangkan oleh Elder’s dari Jakarta, juga akan diserahkan sepenuhnya kepada masing-masing SMK sebagai media pembelajaran guna menunjang kurikulum muatan lokal keilmuan motor listrik.

Ilmu mengenai motor listrik ini, kedepannya akan menjadi kebutuhan akademisi dan pelaku usaha bengkel, silahkan dimanfaatkan sebaik mungkin fasilitas media pembelajaran yang sudah diberikan, sehingga PLN berharap dukungan dan komitmen bersama agar program tersebut akan dapat terus berlanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *