BERITA

PLN Adil dan Berkah, Sambungkan Listrik Gratis ke 750 Warga Lampung untuk Energi Berkeadilan

193
×

PLN Adil dan Berkah, Sambungkan Listrik Gratis ke 750 Warga Lampung untuk Energi Berkeadilan

Sebarkan artikel ini
PLN Adil dan Berkah, Sambungkan Listrik Gratis ke 750 Warga Lampung untuk Energi Berkeadilan
PLN Adil dan Berkah, Sambungkan Listrik Gratis ke 750 Warga Lampung untuk Energi Berkeadilan

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan (DJK) dan PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Lampung telah meluncurkan Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) yang bertujuan untuk membantu 750 warga kurang mampu di Provinsi Lampung.

Program ini menjadi langkah pemerintah dalam meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dengan mengurangi beban pengeluaran terkait penyambungan listrik.

Penerima manfaat program BPBL tersebar di 5 Kabupaten di Provinsi Lampung, yaitu Pesawaran, Tanggamus, Lampung Selatan, Way Kanan, dan Mesuji.

Pada acara Kick-Off Program BPBL yang diadakan di PT PLN (Persero) UID Lampung pada tanggal 30 Juli 2023, Plt. Kepala Dinas ESDM Provinsi Lampung, Febrizal Levi Sukmana, menyampaikan dukungannya terhadap program ini dan menyatakan bahwa ESDM Provinsi Lampung siap untuk mengawal dan mengawasi pelaksanaannya.

General Manager PLN UID Lampung, Saleh Siswanto, juga menyatakan kesiapannya untuk melaksanakan dan menyelesaikan penyambungan listrik kepada seluruh penerima BPBL.

Bagi PLN, program ini merupakan bagian dari amanah dan misi sosial untuk membantu saudara-saudara yang membutuhkan.

Tahap pertama dari program ini akan menyambungkan listrik kepada 408 penerima bantuan, sementara tahap kedua akan dilaksanakan hingga Desember 2023 untuk 342 penerima bantuan.

Salah satu penerima bantuan, Amanah, warga Desa Gebang, Kabupaten Pesawaran, merasa bersyukur dan berterima kasih kepada seluruh tim dari Kementerian ESDM, Dirjen Ketenagalistrikan, Aparat Daerah, dan PLN.

Sebelumnya, Amanah hanya bisa menggunakan listrik dari sambungan tetangga, tetapi sekarang dia sudah bisa menikmati listrik sendiri untuk keperluan penerangan dan aktivitas sehari-hari.

Subkoordinator Penyiapan Perencanaan Distribusi Tenaga Listrik dan Sistem Isolated Dirjen Ketenagalistrikan Pusat, Raymond Samuel Parlindungan, yang turut hadir secara daring dalam acara tersebut, memberikan pesan kepada seluruh petugas Lembaga Inspeksi Teknik Tegangan Rendah (LIT/TR) untuk memastikan pemasangan instalasi listrik dalam rumah dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku demi keselamatan ketenagalistrikan.

Harapannya, program BPBL ini dapat terlaksana dengan sukses sesuai dengan harapan bersama, sehingga dapat berlanjut untuk periode-periode berikutnya dengan jumlah penerima bantuan yang lebih banyak di tahun-tahun mendatang.

Program ini diharapkan dapat terus memberikan manfaat dan dampak positif bagi masyarakat kurang mampu di Provinsi Lampung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *