BERITA

Prestasi Luar Biasa Provinsi Lampung: Menyabet Anugerah Parahita Ekapraya dari Kementerian PPPA RI

212
×

Prestasi Luar Biasa Provinsi Lampung: Menyabet Anugerah Parahita Ekapraya dari Kementerian PPPA RI

Sebarkan artikel ini
Provinsi Lampung Raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya dari Kementerian PPPA RI
Provinsi Lampung Raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya dari Kementerian PPPA RI

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Provinsi Lampung kembali menorehkan prestasi gemilang dengan meraih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Kategori Nindya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati secara langsung menyerahkan penghargaan ini kepada perwakilan Gubernur Lampung, yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provinsi Lampung, Fitrianita Damhuri.

Penyerahan penghargaan berlangsung di Gedung Metro TV Lt.3 Kebon Jeruk, Jakarta Barat, pada Selasa (19/12/2023).

Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) yang diberikan oleh Kementerian PPPA RI merupakan bentuk apresiasi atas komitmen dan peran penting para pemimpin Kementerian/Lembaga serta Pemerintah Daerah dalam mengupayakan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan di berbagai sektor pembangunan sejak tahun 2004.

Anugerah Parahita Ekapraya Tahun 2023 didasarkan pada hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pengarusutamaan Gender (PUG) selama dua tahun, yakni tahun 2021 dan 2022.

Evaluasi ini melibatkan 360 instansi, terdiri dari 16 Kementerian/Lembaga, 28 Provinsi, dan 316 Kabupaten/Kota.

Hasil evaluasi tersebut merupakan hasil laporan dari Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintahan Kabupaten/Kota.

Pada tahap Verifikasi akhir, sebanyak 12 Kementerian/Lembaga, 25 Provinsi, dan 237 Kabupaten/Kota berhasil memenuhi kriteria dan meraih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya tahun 2023.

Provinsi Lampung menjadi salah satu yang berhak mendapatkan penghargaan ini, menegaskan komitmen tinggi dalam mengimplementasikan kebijakan Pengarusutamaan Gender.

Gubernur Lampung, dengan bangga, menyampaikan bahwa diraihnya Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya adalah hasil dari keseriusan dan kesungguhan Provinsi Lampung dalam mewujudkan kesetaraan gender.

Komitmen tersebut tercermin dalam misi ke-3 dari visi “Rakyat Lampung Berjaya,” yang fokus pada pengembangan perlindungan anak, pemberdayaan perempuan, dan kelompok difabel.

Dua agenda utama, yakni “Perempuan Berjaya” dan “Lampung Ramah Perempuan dan Anak,” menjadi tonggak penting dalam mencapai tujuan tersebut.

Dengan meraih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya, Gubernur berharap seluruh pihak, termasuk Tim Penggerak PKK, dapat bersinergi dan berkolaborasi untuk mewujudkan dan meningkatkan pembangunan yang responsif gender di Provinsi Lampung dan seluruh Kabupaten/Kota di bawahnya.

Keberhasilan ini diharapkan menjadi dorongan untuk mencapai kesejahteraan keluarga yang didasarkan pada prinsip kesetaraan dan keadilan gender.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *