BERITA

Persiapan Mendalam Menuju Haji: Pemkab Pesawaran Gelar Bimbingan Manasik 1445 H/2024 M

71
×

Persiapan Mendalam Menuju Haji: Pemkab Pesawaran Gelar Bimbingan Manasik 1445 H/2024 M

Sebarkan artikel ini
Pemkab Pesawaran Gelar Bimbingan Manasik Haji 1445 H2024 M
Pemkab Pesawaran Gelar Bimbingan Manasik Haji 1445 H2024 M

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Dalam upaya memberikan persiapan yang matang bagi para calon jamaah haji, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesawaran menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kabupaten Pesawaran Tahun 1445 H/2024 M.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona, yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Pesawaran, Sunyoto, pada hari Kamis, 25 April 2024, di Aula Islamic Center Kabupaten Pesawaran.

Dalam sambutannya, Sunyoto menjelaskan bahwa tujuan utama dari bimbingan manasik haji adalah untuk memberikan bekal awal dan pengetahuan yang cukup tentang penyelenggaraan ibadah haji.

“Manasik ini tidak hanya memberikan informasi praktis, tetapi juga memberikan gambaran tentang situasi dan kondisi yang mungkin terjadi selama perjalanan maupun di tanah suci, sehingga para calon jamaah dapat menjalani ibadah haji dengan penuh kesadaran dan kesiapan,” ujarnya.

Beliau juga menekankan pentingnya kesiapan fisik, mental, dan informasi bagi para calon jamaah.

“Ibadah haji merupakan perjalanan suci yang memerlukan kesiapan secara menyeluruh, tidak hanya dari segi fisik tetapi juga mental dan pengetahuan tentang tata cara pelaksanaan ibadah,” tambah Sunyoto.

Selain itu, Sunyoto juga menyoroti pentingnya aspek akhlak dalam menjalani ibadah haji. Para jamaah diingatkan untuk membawa bekal akhlak seperti sabar, tawakal, tabah, disiplin, toleransi, kerjasama, dan ikhlas.

“Akhlak tersebut harus menjadi bagian dari diri kita sejak dari tanah air, selama di tanah suci, hingga kembali dari ibadah haji,” tuturnya.

Para pembimbing manasik diharapkan dapat memberikan bimbingan yang komprehensif sehingga para calon jamaah dapat lebih siap secara lahir dan batin menghadapi ibadah haji.

“Mari kita ikuti kegiatan ini dengan penuh perhatian, karena pelatihan manasik haji ini sangat berharga untuk persiapan ibadah haji kita nantinya,” pungkas Sunyoto.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Lampung, para pejabat struktural di lingkungan Pemkab Pesawaran, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesawaran, pimpinan manasik haji Kabupaten Pesawaran, tim pembimbing haji daerah Kabupaten Pesawaran, para calon jamaah haji, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

Dengan sinergi dan kerjasama dari berbagai pihak, diharapkan persiapan ibadah haji tahun ini dapat berjalan lancar dan memberikan pengalaman spiritual yang berharga bagi para jamaah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *