BERITA

Perlu Diperhatikan! Tanda-tanda Ban Motor yang Menandakan Perlunya Penggantian untuk Kenyamanan Berkendara yang Maksimal

133
×

Perlu Diperhatikan! Tanda-tanda Ban Motor yang Menandakan Perlunya Penggantian untuk Kenyamanan Berkendara yang Maksimal

Sebarkan artikel ini
Wajib Dicek, ini Ciri-Ciri Ban Motor Harus Diganti Jika Tak Nyaman Dipakai Berkendara
Wajib Dicek, ini Ciri-Ciri Ban Motor Harus Diganti Jika Tak Nyaman Dipakai Berkendara

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Penting bagi setiap pengendara untuk memahami ciri-ciri ban motor yang menunjukkan perlunya penggantian.

Ban, sebagai salah satu komponen krusial pada motor, memiliki peran besar dalam menentukan tingkat kenyamanan berkendara.

Sebagaimana komponen lainnya, ban juga memiliki umur pakai, dan memahami kapan waktu yang tepat untuk menggantinya dapat menjaga keselamatan dan kenyamanan selama berkendara.

Umur atau masa pakai ban dipengaruhi oleh sejumlah faktor, termasuk intensitas penggunaan motor. Jika motor sering digunakan untuk perjalanan jarak jauh, maka kondisi ban akan lebih cepat mengalami keausan.

Oleh karena itu, penting bagi pengendara untuk memperhatikan tanda-tanda yang menunjukkan bahwa ban perlu segera diganti.

Menurut AHASS TDM Raden Intan Bandar Lampung, berikut adalah beberapa ciri-ciri yang menandakan bahwa saatnya mengganti ban motor:

  1. Benjolan pada Permukaan Ban: Terlihat benjolan pada permukaan ban dapat mengganggu kenyamanan berkendara dan bahkan menjadi potensi bahaya. Benjolan ini seringkali disebabkan oleh tekanan angin yang kurang. Seiring waktu, benjolan ini dapat memperburuk kondisi ban dan bahkan menyebabkan pecah. Oleh karena itu, segera ganti ban jika Anda melihat adanya benjolan.
  2. Goyang Saat Digunakan Menikung: Ban yang tidak stabil saat berbelok atau menikung dapat menjadi pertanda bahwa ban perlu diganti. Kondisi ini bisa memengaruhi kontrol motor dan kenyamanan pengendara.
  3. Tapakan Ban Sejajar dengan Tread Wear Indicators (TWI): Perhatikan posisi tapakan ban sejajar dengan Tread Wear Indicators (TWI). TWI biasanya berbentuk segitiga dan berfungsi sebagai indikator ketebalan tapakan ban. Semakin dekat tapakan dengan ujung segitiga TWI, semakin tipis kondisi ban. Ini menjadi tanda bahwa penggantian segera diperlukan.
  4. Ban Terlalu Membal: Ban yang terlalu membal saat digunakan dapat mengurangi kenyamanan berkendara, terutama di jalan yang tidak rata. Pengendara disarankan untuk mengganti ban yang sudah terlalu membal agar tetap aman dan nyaman selama perjalanan.
  5. Alur Ban Sudah Menipis: Alur ban berfungsi untuk memecah genangan air dan mencegah tergelincir. Jika alur ban sudah menipis atau tidak terlihat, ini menjadi tanda bahwa ban sudah mengalami keausan dan harus segera diganti.

Memahami ciri-ciri ini dan mengganti ban pada waktu yang tepat adalah langkah preventif yang penting untuk menjaga performa dan keselamatan berkendara.

Dengan perhatian lebih terhadap kondisi ban, pengendara dapat menikmati pengalaman berkendara yang aman dan nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *