BERITA

Peran Vital Data dalam Membentengi Kehidupan: Perspektif Dosen Prodi Sains Data Darmajaya

210
×

Peran Vital Data dalam Membentengi Kehidupan: Perspektif Dosen Prodi Sains Data Darmajaya

Sebarkan artikel ini
“Data Menyelamatkan Nyawa”, Begini Kata Dosen Prodi Sains Data Darmajaya
“Data Menyelamatkan Nyawa”, Begini Kata Dosen Prodi Sains Data Darmajaya

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Dalam upaya untuk menggali pemahaman lebih dalam tentang pentingnya data dalam dunia kesehatan, Dosen Prodi Sains Data Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya, Egi Safitri, S.Mat., M.Si., menjadi narasumber pada Stadium General yang diselenggarakan secara daring oleh Prodi Sains Data Institut Teknologi Sumatera (Itera) pada Sabtu, 9 Desember 2023.

Stadium General tersebut diikuti oleh ratusan mahasiswa dari Itera dan IIB Darmajaya, yang antusias mengikuti paparan Egi Safitri yang akrab disapa Egi.

Materi yang disampaikan berfokus pada tema kuliah umum “Data Menyelamatkan Nyawa: Memahami Peran Sains Data dalam Transformasi Kesehatan.”

Egi Safitri memberikan wawasan mendalam tentang peran krusial data sains dalam transformasi kesehatan.

“Data sains di bidang kesehatan memiliki keterkaitan langsung dengan nyawa seseorang. Tugas dan tanggung jawab ini besar, membutuhkan keahlian dan pengalaman dalam analisis data,” ujarnya.

Menurut Egi, penelitian telah membuktikan bahwa manusia menghasilkan sekitar 2 terabyte data setiap hari.

Data ini melibatkan berbagai aspek seperti aktivitas otak, sistem tubuh, tingkat stres, detak jantung, kadar gula, dan parameter kesehatan lainnya.

Analisis data yang tepat memerlukan teknologi canggih untuk memahami dan mengambil keputusan berdasarkan data yang besar dan kompleks tersebut.

Egi juga menyoroti manfaat data sains dalam sektor kesehatan, termasuk pengurangan kegagalan dalam perawatan (malapraktik) dan penurunan biaya kesehatan secara signifikan.

“Data sains memberikan dampak positif yang besar dalam berbagai industri, termasuk e-commerce, retail, dan pendidikan,” tambahnya.

Hendra Kurniawan, S.Kom., M.T.I., Ketua Prodi Sains Data IIB Darmajaya, menjelaskan bahwa Stadium General ini merupakan implementasi dari pertemuan sebelumnya di Itera.

“Kerjasama ini menjadi langkah awal sharing knowledge antara dua perguruan tinggi, dengan harapan dapat meningkatkan pengetahuan dan kompetensi mahasiswa,” ungkapnya.

Dengan harapan untuk terus meningkatkan kualitas akademik kedua perguruan tinggi, Hendra menyampaikan bahwa kegiatan serupa akan terus dilanjutkan di masa depan.

“Stadium General ini hanyalah awal dari rangkaian kegiatan yang akan kita lakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam Prodi Sains Data,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *