BERITA

Penyebaran Virus Internasionalisasi: FGD “Cross Culture & Digital Readiness in Global Education” di SMKN 3 Metro

24
×

Penyebaran Virus Internasionalisasi: FGD “Cross Culture & Digital Readiness in Global Education” di SMKN 3 Metro

Sebarkan artikel ini
FGD Cross Culture & Digital Readiness in Global Education di SMKN 3 Metro
FGD Cross Culture & Digital Readiness in Global Education di SMKN 3 Metro

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada Kamis, 25 Januari 2024, Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya berhasil menanamkan semangat internasionalisasi di SMKN 3 Metro melalui forum berjudul “Cross Culture & Digital Readiness in Global Education.”

Respon positif dan antusias dari siswa/i terbukti melalui keberhasilan forum group discussion (FGD) yang berlangsung penuh kegembiraan.

Lebih dari puluhan pelajar dibagi menjadi enam kelompok untuk memaparkan hasil diskusi mereka.

Topik-topik yang dibahas termasuk peran pemuda dalam mengatasi kemiskinan, pertukaran budaya melalui seni, pengaruh norma dan nilai budaya dalam komunikasi online, serta tantangan navigasi perbedaan budaya dalam lingkungan digital.

Masing-masing kelompok menyajikan ide-ide brilian seputar tema tersebut. Kelompok kedua menonjol dengan paparan tentang bagaimana teknologi AI membentuk pasar kerja masa depan, keterampilan yang diperlukan, dan visi yang jelas dalam visualisasi poster, sehingga dinobatkan sebagai kelompok terbaik.

Kegiatan ditutup dengan penampilan live music yang dipersembahkan oleh mahasiswa magang MBKM di UPT International Office, Zhazha Rafles, dan duta mahasiswa Valian Ardafi, keduanya berasal dari jurusan Teknik Informatika.

Live music ini tidak hanya membuat suasana semakin meriah, tetapi juga menciptakan hubungan akrab di antara peserta.

Salah satu momen mencolok adalah ketika siswi Rizki Arta Safitri menyatakan keinginannya untuk melanjutkan studi di IIB Darmajaya, menyebutnya sebagai institusi dengan banyak program unggulan, terutama program internasional.

Bianjaka Wahyudi, siswa jurusan Rekayasa Perangkat Lunak, juga mengakui mendapatkan wawasan baru tentang AI, pertukaran budaya, dan isu-isu global.

Kepala SMKN 3 Metro, Erlian Eka Damayanti, menyampaikan terima kasih atas kepercayaan IIB Darmajaya memilih sekolahnya sebagai tempat pelaksanaan FGD.

Ia berharap siswa/i dapat mendapatkan pengetahuan tambahan tentang AI, media sosial, kolaborasi budaya dan teknologi, serta kewirausahaan digital.

Erlian juga menyatakan harapannya agar IIB Darmajaya semakin dicintai oleh masyarakat setempat, sebagaimana SMKN 3 Metro telah mendapatkan perhatian dari Presiden Joko Widodo.

Kepala UPT Rahmalia Syahputri menekankan pentingnya pembaruan pengetahuan dalam era perkembangan teknologi yang cepat, dengan harapan kegiatan ini dapat membuka wawasan dan meningkatkan kesadaran siswa/i terhadap dampak pertukaran budaya dan disrupsi teknologi di dunia global.