BERITA

Peningkatan Produktivitas UMKM Lampung Melalui Bimbingan ERP dari IBC Polinela dan Bank Indonesia

56
×

Peningkatan Produktivitas UMKM Lampung Melalui Bimbingan ERP dari IBC Polinela dan Bank Indonesia

Sebarkan artikel ini
IBC Polinela dan Bank Indonesia Lampung Beri Pendampingan Penggunaan ERP Kepada Pelaku UMKM
IBC Polinela dan Bank Indonesia Lampung Beri Pendampingan Penggunaan ERP Kepada Pelaku UMKM

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Dalam upaya meningkatkan kapabilitas Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Teaching Factory Informatics Business Center (IBC) Politeknik Negeri Lampung (Polinela) telah bekerja sama dengan Bank Indonesia Lampung untuk memberikan bimbingan mengenai Enterprise Resource Planning (ERP).

Inisiatif ini, diikuti oleh 26 peserta UMKM unggulan dari berbagai sektor seperti makanan dan minuman, kerajinan, dan jasa, bertujuan memberdayakan bisnis-bisnis ini melalui implementasi sistem informasi modern.

Pendekatan IBC Polinela terpusat pada pemanfaatan Enterprise Resource Planning (ERP), model sistem informasi komprehensif yang dirancang untuk mengotomasi dan mengintegrasikan proses bisnis inti.

Memimpin sesi bimbingan adalah Halim Fathoni, S.T., M.Sc., seorang dosen dalam Program Manajemen Informatika, didukung oleh mahasiswa yang berdedikasi.

Fathoni menjelaskan konsep dan manfaat ERP bagi UMKM, dengan menekankan peranannya dalam mengintegrasikan berbagai proses bisnis, termasuk produksi, penjualan, keuangan, dan sumber daya manusia.

Peserta menerima pelatihan langsung mengenai penggunaan ERP, mencakup pengenalan sistem, operasi modul, dan pembuatan laporan.

Mengungkapkan rasa terima kasih mereka, peserta mengakui signifikansi program ini. Mereka mencatat bahwa program ini memberi mereka pemahaman yang lebih jelas tentang ERP dan penerapannya secara praktis.

Salah satu peserta berkomentar, “Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami. Kami memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang ERP dan cara menggunakannya. Kami juga mendapatkan tips dan trik untuk mengoptimalkan penggunaan Enterprise Resource Planning.”

Bank Indonesia Lampung melihat bimbingan ERP ini sebagai upaya strategis untuk meningkatkan daya saing UMKM.

Harapannya adalah bahwa bisnis yang mengikuti bimbingan ini akan meningkatkan efisiensi dan produktivitas mereka, memungkinkan mereka bersaing lebih efektif di pasar.

Melalui inisiatif kolaboratif seperti ini, UMKM di Lampung dapat merangkul kemajuan teknologi, memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan dan ketahanan di lanskap bisnis yang dinamis saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *