BERITA

Pencapaian Gemilang: Penjualan Listrik PLN Melonjak 13,07 Persen menjadi 137,12 TWh pada Semester I dengan Dukungan Kuat dari Sektor Bisnis

98
×

Pencapaian Gemilang: Penjualan Listrik PLN Melonjak 13,07 Persen menjadi 137,12 TWh pada Semester I dengan Dukungan Kuat dari Sektor Bisnis

Sebarkan artikel ini
Pencapaian Gemilang Penjualan Listrik PLN Melonjak 13,07 Persen menjadi 137,12 TWh pada Semester I dengan Dukungan Kuat dari Sektor Bisnis
Pencapaian Gemilang Penjualan Listrik PLN Melonjak 13,07 Persen menjadi 137,12 TWh pada Semester I dengan Dukungan Kuat dari Sektor Bisnis

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – PT PLN (Persero) berhasil mencatatkan prestasi luar biasa pada semester pertama tahun ini dengan mencapai penjualan listrik sebesar 137,12 Terawatt hour (TWh).

Pertumbuhan konsumsi yang mengagumkan ini sebesar 13,07% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2022.

Salah satu pilar utama pertumbuhan ini adalah sektor bisnis yang memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan penjualan listrik.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menyatakan bahwa pertumbuhan penjualan listrik pada semester pertama tahun ini didorong oleh sektor bisnis yang semakin berkembang.

Dalam era digital yang pesat di Indonesia, kebutuhan akan konsumsi listrik, terutama di sektor data center, mengalami peningkatan yang mencolok.

Tidak hanya sektor bisnis, sektor pariwisata juga ikut berperan dalam pertumbuhan ini, terlihat dari kenaikan konsumsi listrik di sektor perhotelan dan mal.

Darmawan menjelaskan bahwa kesuksesan penjualan listrik ini berkat berbagai program dan produk andalan PLN yang telah mendapat sambutan positif dari masyarakat.

Kondisi ini membawa optimisme bahwa penjualan listrik PLN akan melampaui Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) pada akhir tahun.

Salah satu produk andalan PLN yang sukses meningkatkan penjualan adalah program “Memberi Terang Membangun Negeri,” “Terangi Ramadhan,” dan “Promo Harbelnas.”

Ketiga program ini berhasil memicu peningkatan konsumsi listrik baik di sektor bisnis maupun rumah tangga.

Penjualan listrik untuk sektor bisnis mencatat angka 25,481 TWh, meningkat 13,07% YoY dari periode Juni 2022.

Darmawan menyatakan bahwa peningkatan konsumsi listrik di sektor bisnis bukan hanya membawa kabar gembira bagi PLN, tetapi juga mencerminkan pertumbuhan ekonomi masyarakat secara keseluruhan.

Selain sektor bisnis, penjualan listrik untuk sektor rumah tangga juga mengalami kenaikan sebesar 3,2% YoY hingga Juni 2023, didorong oleh pemulihan ekonomi dan peningkatan aktivitas masyarakat.

Darmawan menambahkan bahwa tren “electrifying lifestyle” semakin berkembang dan diadopsi dengan baik oleh masyarakat.

Perkembangan teknologi yang canggih mendorong masyarakat untuk mengkonsumsi listrik dalam jumlah yang lebih besar.

PLN tidak berhenti pada pencapaian saat ini, mereka telah memetakan potensi-potensi baru dan menyiapkan strategi untuk terus meningkatkan penjualan hingga akhir tahun 2023.

Perusahaan berkomitmen untuk mencari peluang-peluang pasar baru dan memperluas jangkauan pelanggan.

PLN memiliki visi agar listrik dapat menjadi katalisator bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan sosial di Indonesia.

Capaian gemilang ini membuktikan kesungguhan PLN dalam menghadirkan listrik berkualitas dan mendukung perkembangan berbagai sektor di Indonesia.

Dengan upaya terus-menerus untuk berinovasi dan beradaptasi dengan kebutuhan masyarakat, PLN diharapkan dapat terus menjadi tulang punggung bagi pertumbuhan ekonomi negara dan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *