BERITA

Jaga Kompak! Perayaan PMR IX: Kolaborasi Hebat PMI Nasional

91
×

Jaga Kompak! Perayaan PMR IX: Kolaborasi Hebat PMI Nasional

Sebarkan artikel ini
Jaga Kompak! Perayaan PMR IX Kolaborasi Hebat PMI Nasional
Jaga Kompak! Perayaan PMR IX Kolaborasi Hebat PMI Nasional

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Perhelatan Jumbara PMR IX yang berlangsung di Lampung Selatan telah menjadi momen yang luar biasa dan membanggakan bagi Palang Merah Indonesia (PMI) untuk menjaga kekompakan dalam skala nasional.

Dengan tema “Cerdas, Kreatif, dan Berkarakter”, kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan generasi muda yang memiliki kepandaian, kreativitas, serta karakter yang kuat.

Pada upacara pembukaan Jumbara PMR IX Tahun 2023 di Stadion Jati, Kalianda, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto, mewakili Gubernur Arinal Djunaidi, menyampaikan dukungan penuh dari pemerintah terhadap kegiatan ini.

Fahrizal mengimbau seluruh peserta dan pendamping untuk menjaga kesehatan, ketertiban, dan kedisiplinan selama pelaksanaan kegiatan ini.

Ia juga menekankan pentingnya mempererat tali silaturahmi serta menjaga kekompakan dalam keberagaman adat, budaya, suku, dan agama.

Fahrizal menyadari bahwa Jumbara PMR IX merupakan momen penting bagi para anggota PMR untuk terus mengembangkan semangat pengabdian kepada kemanusiaan.

Sejak pandemi Covid-19 melanda, masyarakat merasakan betapa sulitnya menjalani kehidupan tanpa bantuan orang lain.

Oleh karena itu, ia mendorong para peserta untuk terus menggelorakan semangat, bangkit, dan meningkatkan produktivitas sambil tetap menjaga kesehatan pribadi dan orang-orang di sekitar.

Fahrizal juga berharap melalui Jumbara PMR IX Tahun 2023 ini, anggota PMR dan pendampingnya dapat kembali bersemangat dalam melaksanakan kegiatan baik di sekolah maupun di luar sekolah.

Ia berharap kegiatan ini akan menjadi pemicu semangat bagi para peserta untuk terus mengabdi kepada kemanusiaan.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum Pengurus Pusat PMI, Jusuf Kalla, menyampaikan bahwa Jumbara merupakan pengalaman istimewa bagi para anggota PMR dari tingkat Mula, Madya, hingga Wira yang hadir.

Selain menjaga persahabatan, kegiatan ini juga menjadi ajang belajar antar sesama, menikmati keindahan Lampung, dan berinteraksi dengan teman-teman dari berbagai daerah.

Jusuf Kalla juga mengungkapkan bahwa kehadiran peserta dari seluruh pelosok nusantara menunjukkan betapa besar dan bersatunya bangsa Indonesia.

Jusuf Kalla berharap kegiatan Jumbara ini akan meningkatkan keterampilan peserta dan memberikan pengalaman berharga dalam kehidupan sehari-hari, yang nantinya dapat mereka bagikan kepada teman-teman di daerah masing-masing.

Ia juga menekankan pentingnya berbakti kepada masyarakat sebagai moral yang harus ditanamkan kepada generasi muda, bahwa mereka adalah pewaris yang akan memimpin pada masa depan.

Provinsi Lampung sebagai tuan rumah Jumbara Nasional PMR IX 2023, telah melibatkan sekitar 2.200 peserta dari 34 provinsi di Indonesia.

Selain itu, kegiatan ini juga diikuti oleh peserta dari 11 negara sahabat, termasuk Malaysia, Timor-Leste, Brunei Darussalam, China, Italia, Hongkong, Thailand, Singapura, Lao PDR, dan Kamboja.

Semua ini menunjukkan bahwa Jumbara PMR IX menjadi platform penting untuk mempererat kerjasama internasional dalam bidang kemanusiaan.

Perhelatan Jumbara PMR IX di Lampung Selatan telah membawa semangat kemanusiaan yang membara dan menjaga kekompakan PMI Nasional.

Melalui kegiatan ini, diharapkan para peserta dapat tumbuh menjadi generasi muda yang cerdas, kreatif, dan berkarakter, serta terus mengabdi kepada kemanusiaan dalam berbagai aspek kehidupan.