BERITA

Pemkab Pesawaran Mengucapkan Terima Kasih atas Kontribusi Positif Program Praktik Kerja Pengabdian Masyarakat (PKPM) IIB Darmajaya

51
×

Pemkab Pesawaran Mengucapkan Terima Kasih atas Kontribusi Positif Program Praktik Kerja Pengabdian Masyarakat (PKPM) IIB Darmajaya

Sebarkan artikel ini
Pemkab Pesawaran Sampaikan Penghargaan Atas PKPM IIB Darmajaya
Pemkab Pesawaran Sampaikan Penghargaan Atas PKPM IIB Darmajaya

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pemerintah Kabupaten Pesawaran secara resmi menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi terhadap pelaksanaan Program Praktik Kerja Pengabdian Masyarakat (PKPM) oleh Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya.

Program ini telah memberikan kontribusi positif melalui layanan administrasi berbasis paperless, aktivasi web desa, dan berbagai inisiatif lainnya di Bumi Andan Jejama.

Dalam rapat evaluasi PKPM yang berlangsung di ruang kantor Dinas Kominfotiksan Pesawaran pada Kamis (30/11/2023), Kepala Dinas Kominfotiksan Pesawaran, Jayadi Yasa, mengungkapkan rasa terima kasihnya.

“Usai PKPM, kami berharap agar dapat terus membantu kelancaran proses web desa untuk maintenance operator,” ujarnya.

PKPM merupakan bagian dari Tri Darma Perguruan Tinggi yang bertujuan membangun daerah di Provinsi Lampung.

Mahasiswa yang ditempatkan di Pesawaran selama tiga tahun terakhir telah berperan aktif dalam pembangunan desa, terutama di bidang administrasi, ekonomi UMKM, dan digitalisasi.

Tidak hanya terbatas pada PKPM, mahasiswa juga turut serta dalam KKN Siger Berjaya, fokus pada pertumbuhan dan perkembangan UMKM di Telukpandan.

Mulai dari mengajarkan pembuatan legalitas usaha (NIB), manajemen produksi, pemasaran digital hingga pemetaan UMKM, serta layanan digitalisasi desa di Pesawaran dan pendampingan operator smartvillage.

Dr. Anggalia Wibasuri, Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat LP2M IIB Darmajaya, menyampaikan bahwa PKPM periode genap pada Januari atau Februari 2024 akan dilaksanakan di Pesawaran.

“Terima kasih atas masukan dan penerimaan mahasiswa kami di Kabupaten Pesawaran. Tahun depan peserta PKPM hanya setengah dari PKPM sebelumnya,” ucapnya.

Anggalia menambahkan bahwa untuk PKPM mendatang, akan ada koordinasi yang lebih intensif dalam menentukan roadmap program dan tema yang akan dijalankan.

“Semoga Program PKPM ini dapat dirasakan lebih bermanfaat bagi kemajuan desa dan Pesawaran,” tutupnya.

Rapat evaluasi tersebut turut dihadiri oleh beberapa pejabat daerah, antara lain Kabid Kominfotiksan Karyadi, Kabid PMD Joko, Kabid Kesbangpol Chairudin, serta perwakilan Bappeda Pesawaran Herman Susilo.

Turut hadir juga Kepala Biro Humas, Kerjasama dan Pemasaran Dian Eka Darma Wahyuni, S.E.; Ketua Pelaksana PKPM Periode Ganjil Rionaldi Ali, S.Kom., M.T.I.; Sekretaris Jurusan Sistem Informasi Dona Yuliawati, S.Kom., M.T.I.; dan Senior Staf Kerjasama Ketut Artaye.