BERITA

Partisipasi Warga Ketapang dalam Membangun Masa Depan: Usulan 10 Program Pembangunan untuk Pemkab Lampung Selatan

29
×

Partisipasi Warga Ketapang dalam Membangun Masa Depan: Usulan 10 Program Pembangunan untuk Pemkab Lampung Selatan

Sebarkan artikel ini
Perencanaan Pembangunan, Warga Ketapang Usul 10 Program ini ke Pemkab Lampung Selatan
Perencanaan Pembangunan, Warga Ketapang Usul 10 Program ini ke Pemkab Lampung Selatan

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Bupati H. Nanang Ermanto membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kabupaten Lampung Selatan 2025 tingkat kecamatan dengan tema ‘Pembangunan inklusi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat’.

Kecamatan Ketapang menjadi tuan rumah pertama Musrenbang yang berlangsung di Lapangan Desa Lengundi pada Rabu (24/1/2024).

Dalam sambutannya, Bupati Nanang Ermanto mengingatkan Camat Ketapang, Rendi Eko Supriyanto, untuk merealisasikan sepuluh usulan yang dipaparkan dalam musyawarah tersebut.

Bupati menekankan agar usulan tersebut segera diunggah ke aplikasi E-Planning sebagai rencana pembangunan di Kecamatan Ketapang pada tahun 2025.

“Jadi ketika jadi usulan sifatnya adalah mengajak. Selanjutnya, sepuluh usulan ini hari ini harus masuk ke aplikasi E-Planning,” kata Bupati Nanang Ermanto.

Bupati juga mengajak DPRD Lampung Selatan untuk menyelaraskan dan mengawal sepuluh usulan yang diajukan.

Beliau menekankan bahwa pendekatan inklusif harus melibatkan seluruh elemen masyarakat agar dapat menyinkronkan rencana pembangunan yang diusulkan.

“Selain mengajak, inklusif ini juga mengikutsertakan seluruh elemen sehingga dapat menyinkronkan seluruh rencana pembangunan yang diusulkan,” ujar Bupati.

Dalam konteks ini, Bupati Nanang meminta agar seluruh peserta Musrenbang dapat mengikuti acara dengan baik.

Tujuannya adalah agar program pembangunan yang direncanakan benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat.

Camat Ketapang, Rendi Eko Supriyanto, menyampaikan bahwa sepuluh usulan tersebut seharusnya dapat direalisasikan.

Usulan tersebut mencakup pembangunan ruas jalan, akses gardu induk PLN, dan pembangunan jembatan.

Kesepuluh usulan ini diharapkan dapat mendukung pengembangan desa wisata, minapolitan, dan pusat pertanian pada tahun 2024/2025.

“Inilah yang kami harapkan, sangat banyak harapan dari anak kepada bapak dengan koordinasi yang selalu kami lakukan mengikuti seluruh arahan. Sehingga, pembangunan di Kecamatan Ketapang dapat terlaksana dengan baik secara inklusif,” kata Camat Rendi Eko Supriyanto.

Musrenbang Kecamatan Ketapang menjadi momentum penting untuk merumuskan rencana pembangunan yang berfokus pada inklusi dan kesejahteraan masyarakat.

Dengan partisipasi aktif semua pihak, diharapkan implementasi program-program tersebut dapat memberikan dampak positif yang nyata bagi pembangunan di Kabupaten Lampung Selatan.