BERITANASIONAL

Panggung Rakernas di Palu: Presiden BEM IIB Darmajaya Ajukan Usulan Perbaikan Pendidikan yang Mendesak

102
×

Panggung Rakernas di Palu: Presiden BEM IIB Darmajaya Ajukan Usulan Perbaikan Pendidikan yang Mendesak

Sebarkan artikel ini
Panggung Rakernas di Palu Presiden BEM IIB Darmajaya Ajukan Usulan Perbaikan Pendidikan yang Mendesak
Panggung Rakernas di Palu Presiden BEM IIB Darmajaya Ajukan Usulan Perbaikan Pendidikan yang Mendesak

Media90 – Pendidikan di Provinsi Lampung masih menjadi persoalan yang serius.

Hal ini terungkap dari data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS), yang menunjukkan bahwa sepanjang Januari hingga Juni 2023, sebanyak 15.965 pelajar di Lampung harus putus sekolah.

Data tersebut mencakup semua jenjang pendidikan formal, mulai dari SD, SMP, hingga SMA/SMK di seluruh Lampung.

Selain itu, BPS juga mencatat bahwa sebanyak 77,36 persen lulusan di Lampung enggan melanjutkan kuliah, menambah keprihatinan akan kualitas pendidikan di provinsi tersebut.

Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) IIB Darmajaya, Ryan Fadila Akbar, mengungkapkan hal ini dalam Forum Rapat Kerja Nasional BEM Seluruh Indonesia yang diadakan di Golden Hotel, Palu, Sulawesi Tengah pada Sabtu (18/6/23).

Forum tersebut diselenggarakan oleh Universitas Tadulako, Palu, sebagai tuan rumah.

Ryan menyoroti masalah pendidikan sebagai isu yang harus mendapat perhatian dari semua pihak.

Dia menyatakan bahwa sebagai generasi muda Indonesia, kita harus mampu menciptakan pendidikan yang berkualitas di seluruh negeri, termasuk mencari solusi bagi masalah-masalah pendidikan seperti yang terjadi di Lampung.

Menurutnya, Lampung hanya merupakan contoh, dan dia yakin masalah serupa juga dialami di daerah lain di Indonesia.

Ryan juga menekankan pentingnya ekspansi dan gerakan konkret yang dilakukan oleh pemerintah, mahasiswa, dan semua pihak terkait untuk terus memperluas kesadaran akan pentingnya pendidikan.

“Kita semua harus bekerja sama dalam mengatasi masalah pendidikan ini, terutama bagi adik-adik usia sekolah yang terpaksa putus sekolah karena keterbatasan ekonomi atau kurangnya perhatian dari orang tua,” ujarnya.

Sebagai mahasiswa Prodi Manajemen IIB Darmajaya dan penerima Penghargaan Tokoh Muda Inspiratif Peduli Pendidikan dari SMAN 3 Bandar Lampung pada Desember 2022, Ryan juga mengatakan bahwa semua pihak harus secara aktif memperluas peluang pendidikan bagi anak-anak bangsa.

Hal ini termasuk perubahan dalam bidang ekonomi, mengurangi tingkat pengangguran, dan meningkatkan pertumbuhan bangsa Indonesia di segala sektor, terutama dalam mengatasi masalah pendidikan.

Sementara itu, Wakil Rektor 3 IIB Darmajaya, Muprihan Thaib, menyatakan kebanggaannya atas kontribusi BEM IIB Darmajaya yang telah dikenal secara nasional.

Menurutnya, hal ini sejalan dengan visi kampus untuk kedepannya.

“Mahasiswa harus bersedia terjun ke lapangan dan melihat langsung persoalan di daerah, terutama dalam bidang pendidikan.

Tujuannya adalah agar kita semua dapat menciptakan generasi Indonesia yang berkualitas,” tambahnya.

Muprihan menegaskan bahwa hal ini juga sejalan dengan jargon IIB Darmajaya, yaitu “The Best”.

Menurutnya, mahasiswa yang memperoleh ilmu di dalam kelas harus mampu mengaplikasikannya dalam kegiatan di luar kampus.

Dengan adanya sorotan nasional terhadap masalah pendidikan di Provinsi Lampung dan semangat yang ditunjukkan oleh BEM IIB Darmajaya serta pihak terkait, diharapkan akan terjadi perubahan yang signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di seluruh Indonesia.

Semua pihak diharapkan dapat bergandengan tangan untuk mencerdaskan anak-anak bangsa dan membangun masa depan yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *